Strategi Pembelajaran Mata Pelajaran Fikih Materi Taharah Masa Pandemi Covid-19 di MTs Darul Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021

Hikmatul, Masruroh (2021) Strategi Pembelajaran Mata Pelajaran Fikih Materi Taharah Masa Pandemi Covid-19 di MTs Darul Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Hikmatul Masruroh_T2017136.pdf

Download (6MB)

Abstract

Hikmatul Masruroh, 2021: Strategi Pembelajaran Mata Pelajaran Fikih Materi Taharah Masa Pandemi Covid-19 di MTs Darul Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021 Kata Kunci : strategi pembelajaran, fikih, taharah, pandemi covid-19. Strategi pembelajaran adalah perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pembelajaran. Di dunia saat ini sedang marak wabah coronavirus yang dapat menyebabkan penyakit yang disebut Covid-19. Covid-19 yang terjadi di berbagai negara termasuk Indonesia berdampak pada berbagai bidang termasuk pendidikan. virus tersebut berdampak pada penyelenggaraan pembelajaran di semua jenjang pendidikan salah satunya adalah Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso Fokus Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana langkah-langkah pembelajaran matapelajaran fikih materi taharah masa pandemi covid-19 di MTs Darul Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021, 2) Bagaimana implementasi strategi pembelajaran matapelajaran fikih materi taharah masa pandemi covid-19 di MTs Darul Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021 3) Bagaimana kendala dalam pembelajaran matapelajaran fikih materi taharah masa pandemi covid-19 di MTs Darul Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021 Adapun tujuan penelitian ini adalah: langkah-langkah pembelajaran matapelajaran fiqiih materi taharah masa pandemi covid-19 di MTs Darul Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021, implementasi strategi pembelajaran matapelajaran fiqiih materi taharah masa pandemi covid-19 di MTs Darul Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021 dan kendala / hambatan dalam pembelajaran matapelajaran fiqiih materi taharah masa pandemi covid-19 di MTs Darul Hikmah Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Deskriptif Kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tekhnik pengumpulan data menggunakan a) observasi b) wawancara c) dokumentasi. Hasil penelitian di MTs Darul Hikmah adalah : 1) langkah-langkah pembelajaran matapelajaran fikih materi taharah masa pandemi covid-19 di MTs Darul Hikmah yaitu a) Guru menyampaikan terkait perangkat pembelajaran daring melalui WA group b) Guru menyampaikan kontrak belajar terkait media dan model pembelajaran yang akan digunakan selama pembelajaran daring c) Guru menggunakan model ceramah, disusi dan tanya jawab melalui WA group. 2) implementasi strategi pembelajaran matapelajaran fikih materi taharah masa pandemi covid-19 di MTs Darul Hikmah yaitu a) Guru melakukan wawancara antara murid terkait pembelajaran, b) Guru memberikan tugas berupa rangkuman terkait bersuci, c) Guru memberikan tugas berupa portofolio, d) Guru memberikan video terkait materi taharah. 3) kendala dalam pembelajaran matapelajaran fikih materi taharah masa pandemi covid-19 di MTs Darul Hikmah yaitu a) tidak semua siswa memiliki handphone, b) kekurangan vinansial untuk membeli paket data, c) kesulitan signal untuk mengikuti pembelajaran daring. Proses pembelajaran disana menggunakan perpaduan antara daring dan luring (blanded learning) untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:56
Last Modified: 26 Apr 2022 02:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3894

Actions (login required)

View Item View Item