Laila, Nur Aini, (2024) STRATEGI ISLAMIC MARKETING MIX DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN PADA TOKO BASMALAH DI KABUPATEN BONDOWOSO. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
Laila Nur Aini FIX.pdf Download (5MB) |
Abstract
Nur Aini, Laila, 2024. Strategi Islamic Marketing Mix dalam Menciptakan Kepuasan dan Loyalitas Konsumen pada Toko Basmalah di Kabupaten Bondowoso. Pembimbing I: Prof. Dr. Khamdan Rifa’i, SE., M.Si., CHRA. Pembimbing II: Dr. H. Abdul Wadud Nafis, Lc, M.E.I.
Kata Kunci : Islamic Marketing Mix, Kepuasan. Loyalitas Konsumen.
Islamic marketing mix adalah strategi bauran pemasaran Islam yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan yang berlandaskan nilai-nilai ekonomi Islam. Kepuasan konsumen merupakan perasaan senang dan merasa puas terhadap suatu produk karena harapan konsumen sesuai dengan kenyataan yang dialaminya. Sedangkan loyalitas konsumen yakni seseorang yang melakukan pembelian produk secara berulang dalam beberapa waktu. Kepuasan konsumen dapat melahirkan loyalitas terhadap perusahaan sehingga perusahaan harus mampu membaca keinginan dan perilaku konsumen secara cermat.
Bisnis ritel toko Basmalah adalah salah satu cabang usaha yang dimiliki oleh kopontren Sidogiri, implementasi ekonomi syariah diterapkan pada setiap kegiatannya. Penelitian ini difokuskan pada: 1) Bagaimana implementasi Islamic marketing mix 7P dalam menciptakan kepuasan dan loyalitas konsumen pada toko Basmalah?. 2) Bagaimana implementasi Islamic marketing mix 4C dalam menciptakan kepuasan dan loyalitas konsumen pada toko Basmalah?. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif fenomenologi. Lokasi penelitian pada lima toko Basmalah Bondowoso dan kantor pusat toko Basmalah. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dan implementasi Islamic marketing mix 7P (product, place, price, promotion, people, process, physical evidence) yakni menjual produk yang halal, tempat yang tidak bersengketa dan strategis, tidak merusak harga pasar, harga grosir dan promosi sesuai etika Islam, karyawan yang sopan dan tanggap, mekanisme layanan yang baik dan transparan serta lingkungan yang bersih dan Islami. Pada aspek 4C (customer value, cost to customer, convenience, communication) yakni membangun relasi yang baik, mendirikan cabang toko, layanan khas ekonomi syariah, kenyamanan sarana prasarana dan tempat solat, membangun komunikasi baik dengan konsumen, meningkatkan kualitas SDM internal, memberikan pelayanan yang maksimal, memanfaatkan teknologi, mengoptimalkan layanan digital, melakukan pegembangan pasar, membina para mitra, melakukan pengawasan dan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought |
Divisions: | Program Magister > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Laila Nur Aini |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 07:02 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 07:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38946 |
Actions (login required)
View Item |