Siti Ro'isyah, - (2021) Implementasi Pembelajaran Kooperatif Metode Pair Check pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Smk Sultan Agung Kasiyan Timur-Puger. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.
Text
Siti Ro’isyah Ulfa_ 084141122.pdf Download (10MB) |
Abstract
2021. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Metode Pair Check pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Smk Sultan Agung Kasiyan Timur-Puger. Keberhasilan dalam proses pembelajaran merupakan suatu hal yang sangat dicita-citakan dalam melaksanakan pendidikan disekolah. Penggunaan metode yang tepat sangat membantu dalam proses pembelajaran. Keterbatasan kreatifitas disatu pihak dan lemahnya kemampuan guru menciptakan penerapan metode ceramah semakin menjamur padahal terdapat berbagai alternatif metode pembelajaran yang telah dikenal luas di dunia pendidikan. Diantaranya adalah pembelajaran kooperatif metode Pair Check yang merupakan salah satu metode yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana perencanaan pembelajaran kooperatif metode Pair Check pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK sultan agung Kasiyan Timur-Puger? 2)Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kooperatif metode Pair Check pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK sultan agung Kasiyan Timur-Puger? 3)Bagaimana evaluasi pembelajaran kooperatif metode Pair Check pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK sultan agung Kasiyan Timur-Puger?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran kooperatif metode Pair Check pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK sultan agung Kasiyan Timur-Puger. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi nonpartisipan, wawancara semistruktur, dan kajian dokumenter. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles and Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1)Perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Sultan Agung meliputi silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang standar proses. 2)Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pada kegiatan inti terdapat tahap-tahap penerapan pembelajaran kooperatif metode Pair Check yang dalam pelaksanaannya guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sedikit memodifikasi metode tersebut, yakni siswa dalam satu kelompok mengerjakan soal diwaktu yang sama dan tidak perlu bertukar peran karena untuk mempersingkat waktu. 3)Evaluasi pada penerapan pembelajaran kooperatif metode Pair Check pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan evaluasi yang mencakup tiga ranah, yakni kognitif, afektif, dan psikomorik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | muhammad fredi afan |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 02:56 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 02:56 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3896 |
Actions (login required)
View Item |