Jufan, Afnani Anwar (2024) Strategi Positioning Branding Halal Usaha Mikro Melalui Halal Self Declare Di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Jufan Afnani Anwar_204105020013.pdf Download (8MB) |
Abstract
Strategi
Positioning Branding Halal Usaha Mikro Melalui Halal Self Declare di
Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Positioning, Branding Halal, Halal Self Declare
Pelaku usaha khususnya usaha kuliner wajib memiliki sertifikat halal
untuk bisa menjual produknya. Sertifikasi halal self declare menjadi solusi untuk
mewujudkan tercapainya usaha mikro dalam memiliki sertifikasi halal agar dapat
membranding halal usaha serta produk.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi
branding halal Usaha Mikro melalui halal self declare di Kecamatan Kaliwates
Kabupaten Jember? 2) Bagaimana benefit positioning Usaha Mikro yang
melakukan branding halal melalui halal self declare di Kecamatan Kaliwates
Kabupaten Jember? 3) Bagaimana competitor positioning Usaha Mikro yang
malakukan branding halal melalui halal self declare di Kecamatan Kaliwates
Kabupaten Jember? 4) Bagaimana quality or price positioning Usaha Mikro yang
malakukan branding halal melalui halal self declare di Kecamatan Kaliwates
Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk melakukan penelusuran terkait
implementasi branding halal yang sudah dilakukan oleh Usaha Mikro melalui self
declare, khususnya di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember 2) Untuk
mengetahui benefit positioning Usaha Mikro yang melakukan branding halal
melalui halal self declare di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember 3) Untuk
mengetahui competitor positioning Usaha Mikro yang malakukan branding halal
melalui halal self declare di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember 4) Untuk
mengetahui quality or price positioning Usaha Mikro yang malakukan branding
halal melalui halal self declare di Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan Motode kualitatif dengan jenis penelitian
Deskripstif. Lokasi penelitian berada di Kecamatan Kaliwates Kabupaten
Jember. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data diperoleh
menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian yang dilakukan adalah: 1) Usaha Mikro di Kecamatan
Kaliwates Kabupaten jember telah membranding halal produk dengan memiliki
serttifikasi halal secara self declare, label halal dan halal brand image. 2) Usaha
Mikro di Kecamatan Kaliwates Kabupaten jember telah memposisikan manfaat
dengan menggunakan manfaat fungsional dan simbolik. 3) Usaha Mikro di
Kecamatan Kaliwates Kabupaten jember telah memposisikan pesaing dengan
menggunakan diferensiasi produk dan keunggulan produk. 4) Usaha Mikro di
Kecamatan Kaliwates Kabupaten jember telah memposisikan kualitas dan harga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Jufan Afnani Anwar |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 06:36 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 06:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38974 |
Actions (login required)
View Item |