Romadhon, Ajeng Nova (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIP BOOK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MATERI KERJA SAMA DI LINGKUNGANKU PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAARIF CONDRO JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Text
AJENG NOVA ROMADHON_202101040048.pdf Download (8MB) |
Abstract
Pengembangan media Flipbook ini dapat berkontribusi dan membantu siswa dalam memahami materi Kerjasama di Lingkunganku. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Flipbook pada pelajaran Pendidikan Pancasila dengan materi "Kerja Sama di Lingkunganku" untuk siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Condro Jember. Penggunaan Flipbook sebagai media pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai kerja sama dan mendukung pembelajaran yang lebih interaktif, menarik, dan efektif.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1. Bagaimana pengembangan media pembelajaran Flipbook pada pelajaran Pendidikan Pancasila materi kerja sama di lingkunganku pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Jember? 2. Bagaimana Kelayakan pengembangan media Flipbook pada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Jember?. Tujuan dari penelitian ini dan pengembangan ini yaitu : 1. Untuk menghasilakan produk pengembangan media pembelajaran Flipbook dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila materi Kerjasama di Lingkunganku di kelas IV Mima Condro Jember. 2. Untuk mengetahui Kelayakan media Flipbook pada siswa kelas IV di Mima Condro Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau sering disebut dengan istilah Reaserch and Development atau disebut juga dengan R & D. model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE atau sering disebut dengan analysis, design, development, implementation dan evaluation. Model ADDIE yang efektif lebih berfokus pada pelaksanaan tugas otentik, pengetahuan yang bersifat kompleks dan permasalahan asli.
Hasil penelitian ini yaitu : 1) Produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran Flipbook berisikan materi Keberagaman Sosial dan Budaya pada peserta didik kelas IV yang memuat materi dan gambar-gambar serta vidio yang menarik. 2) secara keseluruhan analisis dari para ahli media pembelajaran Flipbook ini menunjukkan presentase 90,5% dengan kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran ini, dan. 3) Data uji coba produk dengan melakukan respon pada peserta didik menunjukkan presentase rata-rata sebesar 88,6% sehingga media ini dapat dinyatakan produk media Flipbook dinyatakan layak untuk digunakan dan tidak perlu direvisi ulang.
Kata Kunci : Pengembangan media, Flipbook, Pendidikan Pancasila, kerja sama, siswa kelas IV.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ajeng Nova Romadhon |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 06:07 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 06:07 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38991 |
Actions (login required)
View Item |