PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KINERJA DAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JEMBER

Luqman, Kharis (2024) PENGARUH IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KINERJA DAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JEMBER. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Tesis Kharis Luqman[1].pdf

Download (4MB)

Abstract

Kharis Luqman, 2024, Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Kinerja dan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember. Pembimbing I: Dr. Hj. St. Rodliyah, M.Pd Pembimbing II: Dr. Hj. Erma Fatmawati, S,Ag., M.Pd.I

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Kinerja, Profesionalisme Guru

Pelaksnaan pendidikan membutuhkan Guru yang terlibat dalam proses pendidikan dan menjadi subjek pembelajaran dalam rangka menumbuhkembangkan manusia. Guru membutuhkan kurikulum sebegai acuan dalam melaksnakan pembelajaran. Hadir kurikulum baru dalam rangka mengefisien kerja guru dalam tugasnya yaitu kurikulum merdeka yang berisikan motif baru dalam segi administrasi dll. Maka Peneliti sangat antusias dalam mengkaji Pengaruh Kurikulum Merdeka terhadap Kinerja dan Profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember.
Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah, 1.Adakah Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember? 2. Adakah Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember? 3. Adakah pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Knerja dan Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember? Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: 1. Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Kinerja Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember? 2. Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Profesionalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember? 3. Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Kinerja dan Profesonalisme Guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember
Metode Penelitian ini menggunakan Kuantitatif yang bersifat kausalitas (sebab-akibat). Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember yang berjumlah 45 guru dan semuanya dijadikan sampel dalam penelitian yang disebut sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Tahapan dalam menguji variabel menggunakan Uji Validitas dan Uji Reabilitas. Analisis Data mengguanakan Statistik Deskriptif, uji asumsi klasik yang terdiri uji normalitas, uji linieritas, dan uji heteroskedastisitas. Uji Regresi Linier Sederhana Uji Hipotesis berupa Uji T, dan Uji F dan uji Koefisien determinasi
Hasil penelitian adalah: (1) Implementasi kurikulum merdeka secara parsial berpengaruh terhadap kinerja guru thitung sebesar 9,157 lebih besar dari nilai ttabel yaitu 2,000 dan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari ketetapan (α=0,05). (2). Implementasi Kurikulum Merdeka secara parsial berpengaruh terhadap Profesionalisme guru dengan thitung sebesar 7,525 lebih besar dari nilai ttabel yaitu 1,992 dan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari ketetapan (α=0,05) (3). Implementasi Kurikulum Merdeka secara simultan berpengaruh terhadap Kinerja dan Profesionalisme Guru dengan Fhitung sebesar 43,061 lebih besar dari Ftabel yaitu 4,061 dan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari nilai (α=0,05) dengan pengaruh model kuat sebesar 56,3%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: KHARIS LUQMAN
Date Deposited: 30 Dec 2024 06:31
Last Modified: 30 Dec 2024 06:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/38996

Actions (login required)

View Item View Item