Implementasi Pendekatan Learning Community pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Nuris Jember Tahun Pelajaran 2020/2021.

ZAINUL, MUSTOFA (2021) Implementasi Pendekatan Learning Community pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Nuris Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
ZAINUL MUSTOFA_T20179084.pdf

Download (11MB)

Abstract

Zainul Mustofa, 2021: Implementasi Pendekatan Learning Community pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Nuris Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Kata kunci: Pendekatan Learning community, Pembelajaran IPS Pendekatan learning community merupakan salah satu komponen dari model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Pendekatan ini berusaha menggeser pembelajaran yang bersifat teacher center menjadi pembelajaran bersifat student center. Penerapan pendekatan learning community menyarankan agar hasil pembelajaran diperoleh dari kerja sama dengan orang lain. Sehubungan dengan itu pendekatan learning community sejalan dengan tujuan pembelajaran IPS yang menekankan siswa dalam belajar untuk menggunakan berbagai keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang mempersiapkan mereka untuk menjadi warga Negara yang kompeten dan bertanggung jawab sepanjang hidup mereka. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pendekatan learning community pada mata pelajaran IPS di SMP Nuris Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? 2) Bagaimana pelaksanaan pendekatan learning community pada mata pelajaran IPS di SMP Nuris Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? 3) Bagaimana evaluasi pendekatan learning community pada mata pelajaran IPS di SMP Nuris Jember Tahun Pelajaran 2020/2021?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan pendekatan learning community pada mata pelajaran IPS di SMP Nuris Jember dilakukan dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS), menganalisis materi pelajaran, menentukan media dan sumber belajar. 2) Pelaksanaan pendekatan learning community pada mata pelajaran IPS di SMP Nuris Jember terdapat langkah-langkah dalam pembelajaran IPS yang menggunakan pendekatan learning community, langkah-langkah tersebut yaitu: (a) pendahuluan (b) perencanaan (c) kegiatan inti (d) refleksi (e) Penutup. 3) evaluasi pendekatan learning community pada mata pelajaran IPS di SMP Nuris Jember menggunakan penilaian autentik, penilaian ini dilakukan dalam dua bentuk yaitu: (a) menilai aktivitas siswa dalam kelompok dengan instrumen penilaian aktivitas, dan (b) menilai hasil Lembar Kerja Siswa (LKS).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:57
Last Modified: 26 Apr 2022 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3900

Actions (login required)

View Item View Item