Sabdanil Karomah, Mochamad (2024) ANALISIS PERSAINGAN PENJUALAN DAGING AYAM DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN DI PASAR MAESAN KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
SKRIPSI_MOCH SABDANIL K_204105020140.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Moch. Sabdanil Karomah, M. Daud Rhosyidy, 2024: Analisis Persaingan Penjualan Daging Ayam Dalam Meningkatkan Pendapatan Di Pasar Maesan Kabupaten Bondowoso.
Saat ini perkembangan perekonomian dunia sangat pesat, seiring dengan perkembangan dan peningkatan kebutuhan manusia akan sandang, pangan dan teknologi. Manusia berlomba-lomba memenuhi kebutuhannya, terkadang tidak mempertimbangkan kepentingan orang lain dan menjadikan manusia materialistis serta meninggalkan norma dan nilai kemanusiaan.
Pesatnya perkembangan bisnis ditandai dengan semakin sengitnya tingkat persaingan antar pelaku bisnis. Dengan adanya persaingan, maka secara tidak langsung pelaku bisnis akan berlomba-lomba untuk menyusun strategi baik dalam hal menawarkan produk maupun berusaha untuk memperbaiki produk ataupun jasa yang dihasilkan.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana struktur pasar pada penjualan daging ayam dalam meningkatkan pendapatan di Pasar Maesan Kabupaten Bondowoso? 2) Bagaimana model persaingan penjualan daging ayam dalam meningkatkan pendapatan di Pasar Maesan kabupaten Bondowoso? 3) Bagaimana implikasi model persaingan penjualan daging ayam dalam meningkatkan pendapatan pada harga daging ayam di Pasar Maesan Kabupaten Bondowoso?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui struktur pasar pada penjualan daging ayam dalam meningkatkan pendapatan di Pasar Maesan Kabupaten Bondowoso. 2) Untuk mengetahui model persaingan penjualan daging ayam dalam meningkatkan pendapatan di Pasar Maesan Kabupaten Bondowoso. 3) Untuk mengetahui implikasi model persaingan penjualan daging ayam dalam meningkatkan pendapatan pada harga daging ayam di Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi data, yaitu triangulasi sumber.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Struktur pasar pada penjualan daging ayam di pasar Maesan Kabupaten Bondowoso tergolong dalam pasar persaingan sempurna, hal ini dikarenakan barang yang dijual bersifat homogen atau sama. 2) Model persaingan penjualan daging ayam di pasar Maesan Kabupaten Bondowoso yakni Trde Selling dimana para pedagang daging ayam menjual daging ayam secara bebas kepada pelanggan dari semua kalangan. 3) Implikasi model persaingan penjualan daging ayam di pasar Maesan Kabupaten Bondowoso mendapatkan hasil bahwa harga sangat berdampak pada model persaingan yang mengakibatkan meningkatnya pendapatan.
Kata Kunci : Persaingan, Penjualan, Daging Ayam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Moch Sabdanil Karomah |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 03:57 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 03:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39001 |
Actions (login required)
View Item |