Pembelajaran Kitab Duruusul Akhlak dalam Menumbuhkan Perilaku Akhlakul Karimah di Sekolah Menengah Pertama Al�Hasan Panti Jember.

ATHIYAH ARIFFIANI, ROWI (2021) Pembelajaran Kitab Duruusul Akhlak dalam Menumbuhkan Perilaku Akhlakul Karimah di Sekolah Menengah Pertama Al�Hasan Panti Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
ATHIYAH ARIFFIANI ROWI_T20171221.pdf

Download (16MB)

Abstract

Athiyah Ariffiani Rowi, 2021: Pembelajaran Kitab Duruusul Akhlak dalam Menumbuhkan Perilaku Akhlakul Karimah di Sekolah Menengah Pertama Al�Hasan Panti Jember. Kata Kunci: Pembelajaran Kitab Duruusul Akhlak, Akhlakul Karimah Pembelajaran kitab yang ada di sekolah menengah pertama itu sangat penting dilaksanakan, Pentingnya agar siswa itu mengerti dan memahami pembelajaran kitab dan bisa sedikit menerjemahkannya dan akhlakul karimah, kitab-kitab yang membahas tentang akhlak perlu dikaji dan pahami oleh siswa agar mereka senantiasa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Yang kini sudah terjadi yaitu banyak sekali siswa-siswa yang kurang memiliki akhlak yang baik. Menarik diteliti karena dilakukan di sekolah menegah pertama yang berbasig sekolah umum biasanya tidak adanya pembelajaran kitab. Oleh karena itu, diperlukannya pembelajaran Kitab dalam menumbuhkan perilaku akhlakul karimah siswa menggunakan pembelajaran Kitab Duruusul Akhlak yang mana kitab ini memang membahas tentang akhlakul karimah. Fokus penelitian: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Duruusul Akhlak dalam menumbuhkan perilaku Akhlakul Karimah siswa di SMP Al-Hasan Panti Jember?; 2) Bagaimana penerapan perilaku bentuk akhlakul karimah di SMP Al-Hasan Panti Jember? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kitab Duruusul Akhlakdalam menumbuhkan perilaku Akhlakul Karimah siswa di SMP Al-Hasan Panti Jember. 2) mengetahui penerapan bentuk akhlakul karimah di SMP Al-Hasan Panti Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Pemilihan sumber data menggunakan Teknik purposive, yaitu Teknik pemilihan sumber data dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Pertimbangan tertentu misalnya orang yang dianggap paling tahu apa yang diharapkan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yakni: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analysis interactive Model dari Miles dan Huberman dan johnny Saldana . Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan Teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Pelaksanaan pembelajaran kitab Duruusul Akhlakdalam menumbuhkan Akhlakul Karimah siswa di SMP Al�Hasan Panti Jember yaitu adanya tujuan pembelajaran kitab, dalam pembelajarannya menggunakan beberapa metode pembelajaran kitab. Untuk mengetahui hasil pembelajaran sistem evaluasi dari pembelajaran Kitab Duruusul Akhlakyaitu dengan sistem ulangan harian. ; 2) Penerapan bentuk akhlakul karimah di SMP Al-Hasan Panti Jember. yaitu akhlak peserta didik melalui pembelajaran Kitab Duruusul Akhlak dalam kesehariannya di sekolah, akhlak terhadap sesama yakni bentuk perilaku akhakul karimah seperti membudayakan perilaku 5S yaitu senyum, salam, sapa, sopan & santun, akhlak terhadap Allah yaitu pelaksanaan sholat berjamaah, membaca doa sebelum dan sesudah pembelajaran, pembacaan juz amma sebelum melakukan pembelajaran, berjabat tangan dan mengucap salam, Dan dalam membangun akhlak terhadap lingkungan atau alam yaitu dengan kebersihan lingkungan sekolah. Dari pembelajaran itu yang dapat menumbuhkan akhakul karimah siswa, perilaku siswa saat berada di dalam kelas maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:57
Last Modified: 26 Apr 2022 02:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3901

Actions (login required)

View Item View Item