Muhibbin, Dhiyaul (2024) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENGEMBANGKAN PRESTASI SISWA DI BIDANG KEAGAMAAN(DINIYAH) DI MADRASAH TSANAWIYAH ZAINUL HASAN BALUNG. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Mohammad Dhiyaul Muhibbin_201101030018.pdf Download (4MB) |
Abstract
Mohammad Dhiyaul Muhibbin , 2024: Manajemen Peserta Didik dalam Mengembangkan Prestasi Siswa di Bidang Keagamaan(Diniyah) di MTs Zainul Hasan Balung.
Kata kunci : Manajemen Peserta Didik , Prestasi Siswa di Bidang Keagamaan
Program keagamaan merupakan program lembaga pendidikan yang bertujuan untuk pengembangan prestasi siswa di bidang keagamaan .Program ini di adakan untuk mendukung bakat dan minat siswa. yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dalam mencapai prestasi optimal. Program ini dirancang dengan pengembangan strategi, pelaksanaan program spesifik, dan evaluasi terus-menerus untuk memastikan pencapaian tujuan sesuai dengan target yang diharapkan.
Fokus Penelitian dalam Skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Perencanaan Manajemen Peserta Didik dalam Mengembangkan Prestasi Siswa di Bidang Keagamaan (Diniyah) di MTS Zainul Hasan Balung -Jember ? 2) Bagaimana Pelaksanaan Manajemen Peserta Didik dalam Mengembangkan Prestasi Siswa di Bidang Keagamaan (Diniyah) di MTS Zainul Hasan Balung -Jember? 3) Bagaimana Evaluasi Manajemen Peserta Didik dalam Mengembangkan Prestasi Siswa di Bidang Keagamaan (Diniyah) di MTS Zainul Hasan Balung -Jember ?
Penelitian ini bertujuan : 1) Mendeskripsikan Perencanaan Manajemen Peserta didik dalam Mengembangkan Prestasi Siswa di Bidang Keagamaan(Diniyah) di MTs Zainul Hasan Balung, 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Manajemen Peserta didik dalam Mengembangkan Prestasi Siswa di Bidang Keagamaan(Diniyah) di MTs Zainul Hasan Balung, 3) Mendeskripsikan Evaluasi Manajemen Peserta didik dalam mengembangkan prestasi siswa di bidang keagamaan (Diniyah) di MTs Zainul Hasan Balung
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Pada penelitian kualitatif ini peneliti mendeskripsikan hasil temuan yang didapat dalam penelitian. Teknik penelitian ini menggunakan, Observasi, wawancara, dan dokumentasi. analisis data menggunakan teori dari Miles Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber triangulasi teknik dan Triangulasi Waktu.
1) Perencanaan: Dilakukan melalui rapat kerja tahunan,melalui analisis kebutuhan siswa, dan perancangan program keagamaan untuk mengembangkan bakat sesuai kebutuhan masyarakat. 2) Pelaksanaan: Menggunakan metode al-Miftah Sidogiri, denngan pengelompokan siswa berdasarkan kemampuan, teknologi "1 anak 1 laptop," dan 12 jam pembelajaran mingguan yang berfokus pada akademik, karakter, dan akhlak. Program ini terbukti berhasil melalui prestasi siswa yang di capai dalam perlombaan di bidang keagamaan. 3) Evaluasi: Dilakukan rutin dengan melibatkan berbagai pihak untuk menilai keberhasilan dan mengatasi kendala.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Dhiyaul Muhibbin |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 08:03 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 08:03 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39013 |
Actions (login required)
View Item |