Prestyandani, Galih Tri (2024) Upaya peningkatan hasil belajar siswa kelas XI di MA Baitul Arqom pada mata pelajaran fikih menggunakan model Think Pair Share. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Ahmad Shiddiq Jember.
Text (SK 235 PAI 2024)
Galih Tri Prestyandani_202101010081.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Galih Tri Prestyandani, 2024. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di MA Baitul Arqom pada Mata Pelajaran Fikih Menggunakan Model Think Pair Share
Kata Kunci: Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fikih, Model Think Pair Share.
Pendidikan sejak awal kehadirannya di dunia, pendidikan berorientasi kepada masa depan yaitu memberi bekal berupa ilmu pengetahuan dan teknologi kepada manusia untuk dapat hidup pada masa depan kehidupannya. Permasalahan yang terjadi di MA Baitul Arqom adalah para siswa kelas XI sering berbicara sendiri saat pelajaran berlangsung dan kurang aktif dalam proses pembelajaran tersebut. Hal tersebut disebabkan karena cara penyajian materi oleh guru kurang tepat sehingga peserta didik sulit dalam menerima dan memahami materi.
Fokus dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Fikih melalui model pembelajaran Think Pair Share siswa kelas XI? 2) Apakah model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Fikih siswa kelas XI di MA Baitul Arqom? Sehingga tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan tentang peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Fikih melalui model pembelajaran Think Pair Share siswa kelas XI di MA Baitul Arqom 2) Mengetahui model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Fikih siswa kelas XI di MA Baitul Arqom.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Model PTK yang dikembangkan oleh Kurt Lewin. Yaitu membagi PTK menjadi empat tahapan utama: 1) perencanaan (planing), 2) pelaksanaan (acting), 3) pengamatan (observing), 4) refleksi (reflecting).
Hasil penelitian ini sebagai berikut: Pertama, upaya didalam pelaksanaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) menggunakan soal berjalan dengan sangat baik. Guru mampu untuk melaksanakan semua aspek pada lembar observasi guru yang tersedia diantaranya pada tahap persiapan, penyampaian, tahap praktik dan tahap penampilan hasil. Kedua, hasil belajar siswa pada saat pratindakan dilaksanakan mendapatkan skor rata-rata keseluruhan siswa sebesar 68,13%. Setelah diberikan sebuah perlakuan, dapat diketahui pada akhir pembelajaran siklus II yakni 81,60%. Hal tersebut juga diiringi oleh peningkatan hasil belajar siswa pada aspek afektif dan psikomotorik. Peningkatan yang terjadi pada aspek afektif diantaranya siswa mampu untuk mengerjakan tugas yang diberikan dengan tuntas dan dikumpulkan sebelum waktu habis. Peningkatan yang terjadi pada aspek psikomotorik diantaranya siswa mampu untuk mempresentasikan hasil diskusinya dengan percaya diri dan intonasi suara yang cukup jelas, kelengkapan dan kerapihan tulisan siswa mencatat hasil diskusi kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Galih Tri Prestyandani |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 08:59 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 03:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39017 |
Actions (login required)
View Item |