Qodariyah, Diyana Layla (2024) IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL PADA PROSES PEMBELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 4 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
DIYANA LAYLATUL QODARIYAH_201101090016 (1).pdf Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci : Literasi Digital ,Proses Pembelajaran di SMP ,Pembelajaran IPS
Kemajuan IPTEK terutama dibidang teknologi informasi dan komunikasi
menyebabkan semakin pesatnya penyebaran globalisasi dan menimbulkan
dampak dalam berbagai sektor. Judul penelitian ini memiliki alasan yang
signifikan di Era Digital yaitu dalam hal ini sekolah memiliki peran besar dalam
proses pembelajarannya. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan literasi
digital pada pembelajaran IPS ,membentuk pola pikir yang menghasilkan individu
yang berintegritas, berakhlak, dan berpengetahuan.
Fokus dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana perencanaan dari
pemanfaatan literasi digital dalam pembelajaran IPS Kelas VII di SMPN 4 Jember
tahun pelajaran 2024/2025 ? 2)Bagaimana penerapan literasi digital dalam
pembelajaran IPS Kelas VII di SMPN 4 Jember tahun pelajaran 2024/2025?;
3)Bagaimana evaluasi penerapan literasi digital dalam pembelajaran IPS Kelas
VII di SMPN 4 Jember tahun pelajaran 2024/2025 ?
Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitataif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian
menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan datanya memakai observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan kondensasi, display
data, consulosion. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
yaitu untuk menguju kreadibilitas data dilakukan dengan cara mengecek data yang
telah diperoleh melalui beberapa sumber dan triangulasi Teknik yaitu
pengumpulan data yang bersifat menggabungkan dari berbagai teknik
pengumpulan data dan sumber data yang telah ada.
Peneliti memperoleh kesimpulan yaitu, Pada tahap perencanaan literasi
digital dalam pembelajaran IPS dalam perencanaan telah disesuaikan dengan
kebutuhan peserta didik. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran IPS dengan
literasi digital ini mereka merasa materi yang disampaikan dalam media
pembelajaran menjadi lebih mudah dipaham. Pada tahap evaluasi hasil belajar
yang optimal merupakan hasil dari interaksi antara proses pembelajaran oleh guru
dan proses belajar oleh peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Skripsi Diyana Layla Qodariyah |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 02:57 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 02:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39038 |
Actions (login required)
View Item |