Sa'diah, Dini Holifatus (2024) Pengembangan Media Smart Board (Papan Pintar) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi “Hak Dan Kewajiban” Di Kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI REVISI IFA FIX.pdf Download (9MB) |
Abstract
Media pembelajaran memliki peran yang cukup signifikan di dalam pembelajaran, sebab peran dari media pembelajaran adalah untuk dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didiknya. Utamanya pada pembelajaran pendidikan pancasila yang dilakukan dengan metode ceramah dan meminta peserta didik untuk mengingat serta menghafal. Dari hal tersebut tentu adanya pengembangan media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan sekolah dan karakterter peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan kendala yaitu kurangnya sikap antusias dan motivasi belajar. Dengan adanya media Smart Board (Papan Pintar) maka dapat dapat mengatasi kendala yang telah disebutkan.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini yaitu: 1. Untuk Menghasilkan produk dan Mengetahui Proses Pengembangan Media Smart Board (Papan Pintar) pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila materi “Hak dan Kewajiban” di Kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Jember. 2.Untuk Mengetahui dan Mendeskripsikan Kelayakan Pengembangan Media Smart Board (Papan Pintar) pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila materi “Hak dan Kewajiban” di Kelas IV A Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Jember.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan, Reaserch and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: analysis, design, development, implementation dan evaluation oleh Dick and Carry (1996). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian yaitu: 1). Produk yang dikembangkan yaitu media Smart Board (Papan Pintar) yang memuat materi Hak dan Kewajiban. 2) Secara keseluruhan analisis dari para ahli, media Smart Board (Papan Pintar) ini menunjukkan persentase sebesar 91,6% dengan kategori sangat layak dan valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran, dan 3). Data uji coba produk dengan memberikn angket respon pada peserta didik dan hasilnya menunjukkan persentase 92,2% sehingga media Smart Board (Papan Pintar) dapat dinyatakan layak untuk digunakan dan tidak perlu direvisi ulang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160506 Education Policy 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Dini Holifatus Sa'diah |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 02:24 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 02:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39045 |
Actions (login required)
View Item |