Strategi Pemasaran 4P dalam Meningkatkan Daya Saing Pedagang Kerupuk Matang pada UD. Kerupuk Ngatiman di Desa Balung Kulon

Fitroh, Umi Zakkiyatul (2024) Strategi Pemasaran 4P dalam Meningkatkan Daya Saing Pedagang Kerupuk Matang pada UD. Kerupuk Ngatiman di Desa Balung Kulon. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Umi Zakkiyatul Fitroh_204105020122.pdf

Download (1MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara. Dalam melakukan strategi pemasarannya, usaha kecil cenderung memilih strategi pemasaran 4P (Marketing Mix) yang didalamnya terdapat empat variabel diantaranya : produk, harga, promosi, dan tempat. Dan dalam kegiatan pemasaran tentunya tidak terlepas dari unsur persaingan. Daya saing atau disebut dengan persaingan merupakan sebuah inti dari keberhasilan atau kegagalan suatu perusahaan.
Dari penjelasan diatas, penelitian ini difokuskan pada 1) Bagaimana strategi pemasaran 4P yang diterapkan pada UD. Kerupuk Ngatiman dalam meningkatkan daya saing pedagang kerupuk matang di desa Balung Kulon? 2) Bagaimana solusi dan kendala strategi pemasaran yang diterapkan UD. Kerupuk Ngatiman dalam meningkatkan daya saing pedagang kerupuk matang di Desa Balung Kulon?
Untuk tujuan penelitian ini diantaranya: 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran 4P yang diterapkan pada UD Kerupuk Ngatiman dalam meningkatkan daya saing pedagang kerupuk matang di desa Balung Kulon. 2) Untuk mengetahui solusi dan kendala strategi pemasaran yang diterapkan UD. Kerupuk Ngatiman dalam meningkatkan daya saing pedagang kerupuk matang di Desa Balung Kulon.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menentukan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) berdasarkan penerapan strategi bauran pemasaran 4P yang terdiri dari a) Strategi Produk yaitu menghasilkan produk kerupuk dalam kemasan kilo gram (Kg) yang memiliki kualitas baik dengan memperhatikan kualitas bahan baku; b) Strategi harga yang ditawarkan dari harga Rp. 13.000 hingga Rp. 40.000; c) Strategi tempat yaitu memilih rumah sebagai tempat produksi dan toko sebagai saluran distribusi dalam pemasaran produknya; d) Strategi Promosi yang digunakan adalah teknik word to mouth, door to door, pemasangan spanduk dan media digital berupa WhatsApp. 2) Faktor kendala yang dihadapi adalah a) Kenaikan bahan baku; b) Cuaca; c) Tenaga Kerja.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran; Daya Saing; UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: SKRIPSI Umi Zakkiyatul Fitroh
Date Deposited: 03 Jan 2025 01:45
Last Modified: 03 Jan 2025 01:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39046

Actions (login required)

View Item View Item