Khoirin Nisak, Diah (2024) Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Baca Tulis Al-Qur'an(BTA) di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI DIAH FIX.pdf Download (3MB) |
Abstract
Diah Khoirin Nisak, 2024: Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) di Sekolah Dasar Swasta Islam Ulul Albab Jember.
Kata kunci: Manajemen Pendidikan Karakter, Kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an.
Perlu ditanamkan sejak dini pendidikan karakter dimulai dari jenjang masa kanak-kanak (Paud) sampai remaja, karena faktanya moral remaja masa kini berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan, dimana kaum remaja mengalami degradasi
moral yang terus-menerus dan tampak semakin tidak terkendali. Penurunan kualitas moral generasi penerus bangsa ini terjadi dalam segala aspek, mulai dari tutur kata, cara berpakaian hingga perilaku Untuk itu pendidikan karakter sangat penting ditanamkan. Maka dalam membangun karakter di sekolah kunci utama yang harus dilakukan adalah menggunakan manajemen pendidikan karakter yang baik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pendidikan karakter melalui kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an di SDS Islam Ulul Albab Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an (BTA) di SDS Islam Ulul Albab Jember? 3) Bagaimana evaluasi pendidikan karakter melalui kegiatan Baca Tulis Al-Quran (BTA) di SDS Islam Ulul Albab Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pendidikan karakter melalui Kegiatan Baca Tulis Al Qur`an (BTA) di SDS Islam Ulul Albab Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesmpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah yaitu 1) perencanaan pendidikan karakter melalui berbagai cara yaitu merumuskan tujuan, menentukan sasaran kegiatan yakni semua siswa, merekrut pembina dengan mengadakan pelatihan, merencanakan materi tilawati dan menentukan tempat dan waktu kegiatan dimulai dari pukul 09.00-10.00 WIB. 2) Pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan dengan cara mengintegrasikan dalam semua mata pelajaran dan kegiatan, melalui kegiatan
Baca Tulis Al-Qur’an. 3) evaluasi pendidikan karakter dilakukan dengan buku monitoring semua kegiatan yang diisi oleh guru dan orang tua serta melalui ujian munaqosah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Diah Khoirin Nisak |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 06:04 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 06:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39050 |
Actions (login required)
View Item |