Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Powerpoint Berbasis Kecerdasan Majemuk pada Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmatika Kelas XI di SMA Negeri Ambulu Jember.

Yunita Nury, Wulandari (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Powerpoint Berbasis Kecerdasan Majemuk pada Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmatika Kelas XI di SMA Negeri Ambulu Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Matematika.

[img] Text
Yunita Nury Wulandari_T20177070.pdf

Download (12MB)

Abstract

Yunita Nury Wulandari, 2021: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Powerpoint Berbasis Kecerdasan Majemuk pada Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmatika Kelas XI di SMA Negeri Ambulu Jember. Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, powerpoint, kecerdasan majemuk, aritmatika. Media pembelajaran interaktif merupakan media pembelajaran interaktif yang memilki fitur interaksi dua arah antara pengguna dan user (media). Powerpoint salah satu software yang dengan mudah digunakan, biasanya sering dipakai untuk presentasi atau menjelaskan, fitur-fitur sangat mudah untuk digunakan dan dipelajari. Media pembelajaran interaktif powerpoint ini dikembangan dengan mengadaptasi teori kecerdasan majemuk. Kecerdasan majemuk dapat menganalisis kecerdasan atau bakat peserta didik dalam hal belajar, kecerdasan ini terbagi menjadi 9 kecerdasan yaitu kecerdasan musical, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan verbal linguistik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan kinestetik, kecerdasan naturalis, kecerdasan eksistensial, dan kecerdasan logis-matematis yang terbagi dengan ciri-ciri dan indikator yang dapat diukur oleh peserta didik. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana proses pengembangan desain media pembelajaran interaktif powepoint. 2) Bagaimana kevalidan media pembelajaran interaktif powerpoint. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan proses pengembangan desain media pembelajaran interaktif 2) Mendeskripsikan hasil kevalidan media pembelajaran interaktif power point berbasis kecerdasan majemuk pada materi aritmatika. Untuk mengindetifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitan dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembanngan dilakukan menggunakan tahapan ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi) Penelitian ini disesuaikan dengan keadaan masa pandemi, sehinnga penelitian hanya sampai uji kevalidan. Hasil dari 1)proses pengembangan Analysis (Analisis), tahapan ini meliputi analisis kebutuhan, analisis media pembelajaran, analisis kecerdasan majemuk. Design (Perencanaan), tahapan ini meliputi penyusunan desain media dan penyusunan desain instrumen. Development (Pengembangan) tahapan ini meliputi pengembangan media dan pengembangan instrumen penelitian. 2) hasil uji kevalidan dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli pendidikan matematika. Hasil yang didapat dari validasi ahli memperoleh hasil yang kategori valid dengan nilai 87,14% dari ahli media, 75% dari ahli materi kategori cukup valid, dan 95,38% kategori valid dari ahli pendidikan matematika. Dengan skor rata-rata total 85,84% kategori valid. Dengan demikian produk media pembelajaran interaktif powerpoint yang dikembangkan memenuhi kevalidan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 26 Apr 2022 02:58
Last Modified: 26 Apr 2022 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3906

Actions (login required)

View Item View Item