Pelaksanaan Micro Teaching dalam Mengembangkan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Jember Tahun Akademik 2019/2020

Elisa Pravianti, - (2020) Pelaksanaan Micro Teaching dalam Mengembangkan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Jember Tahun Akademik 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
Elisa Pravianti_T20169031.pdf

Download (9MB)

Abstract

Elisa Pravianti, 2020 : Pelaksanaan Micro Teaching dalam Mengembangkan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Prodi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Jember Tahun Akademik 2019/2020. Kata Kunci : micro teaching, Keterampilan dasar mengajar. Prodi Tadris IPS merupakan salah satu prodi setingkat Strata 1 yang menyiapkan lulusannya untuk menjadi calon guru mata pelajaran IPS di SMP/MTs. Untuk menyiapkan calon guru IPS yang professional. Prodi Tadris IPS melaksanakan mata kuliah micro teaching. Micro teaching merupakan pelaksanaan praktek kegiatan belajar mengajar oleh mahasiswa sebagai calon guru dalam situasi dan kondisi mikro dalam mengasah keterampilan dasar mengajar yang mereka miliki. Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana tahap kognitif micro teaching dalam mengembangkan keterampilan dasar mengajar mahasiswa prodi Tadris IPS IAIN Jember Tahun Akademik 2019/2020? 2) Bagaimana tahap pelaksanaan micro teaching dalam mengembangkan keterampilan dasar mengajar mahasiswa prodi Tadris IPS IAIN Jember? 3) Bagaimana tahap balikan micro teaching dalam mengembangkan keterampilan dasar mengajar mahasiswa prodi Tadris IPS IAIN Jember?. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan tahap kognitif micro teaching dalam mengembangkan keterampilan dasar mengajar mahasiswa prodi Tadris IPS IAIN Jember. 2) Mendeskripsikan tahap pelaksanaan micro teaching dalam mengembangkan keterampilan dasar mengajar mahasiswa prodi Tadris IPS IAIN Jember 3) Mendeskripsikan tahap balikan micro teaching dalam mengembangkan keterampilan dasar mengajar mahasiswa prodi Tadris IPS IAIN Jember . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di Prodi Tadris IPS IAIN Jember. Penentuan informan menggunkan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interkatif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Tahap kognitif micro teaching dalam mengembangkan keterampilan dasar mengajar mahasiswa prodi Tadris IPS IAIN Jember Tahun Akademik 2019/2020 dilaksanakan pada awal pertemuan secara offline dengan materi keterampilan dasar mengajar dan konsep micro teaching. 2) Tahap pelaksanaan micro teaching dalam mengembangkan keterampilan dasar mengajar mahasiswa prodi Tadris IPS IAIN Jember dilaksanakan secara offline dan online dengan dilakukannya 2 kegiatan yakni latihan terbatas dan kegiatan ujian praktek. 3) Tahap balikan micro teaching dalam mengembangkan keterampilan dasar mengajar mahasiswa prodi Tadris IPS IAIN Jember dilakukan oleh mahasiswa dan dosen pembimbing. Tahap balikan dilakukan secara online yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai observer lisan dan observer tertulis dan dosen pembimbing menilai dari RPP, penguasaan materi dan praktek mengajarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:01
Last Modified: 26 Apr 2022 03:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3907

Actions (login required)

View Item View Item