Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Berbasis Keagamaan Pada Siswa SMAN 1 Arjasa

SITI LUTHFIAH, AGUSTINI (2021) Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Berbasis Keagamaan Pada Siswa SMAN 1 Arjasa. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
SITI LUTHFIAH AGUSTINI_084 141 477.pdf

Download (18MB)

Abstract

Siti Luthfiah Agustini. 2021.: Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Berbasis Keagamaan Pada Siswa SMAN 1 Arjasa Adapun berbagai persoalan yang terjadi dikalangan remaja atau pelajar saat ini adalah menurunnya nilai karakter pada diri mereka, seperti mudah terpengaruhnya diri mereka melakukan hal yang negatif. Oleh karena itu, upaya perbaikan harus segera dilakukan, salah satunya melalui pendidikan karakter. SMAN 1 Arjasa merupakan salah satu sekolah formal yang peduli terhadap perkembangan karakter peserta didik. Diantara pembinaan karakter yang terlaksana adalah melalui kegiatan keagamaan seperti diadakannya organisasi kharisma (kajian rohani Islam), pembiasaan membaca asmaul husna, dan pengajian rutin siswa tiap bulan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah :1. Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai karakter religius melalui kegiatan berbasis keagamaan pada siswa SMAN 1 Arjasa? 2. Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai karakter disiplin melalui kegiatan berbasis keagamaan pada siswa SMAN 1 Arjasa? 3. Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai karakter toleransi melalui kegiatan berbasis keagamaan pada siswa SMAN 1 Arjasa? Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research dengan pandangan fenomenologi. Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Milles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan trianggulasi sumber dan teknik Hasil penelitian dengan judul internalisasi nilai-nilai karakter melalui kegiatan berbasis keagamaan pada siswa SMAN 1 Arjasa menghasilkan. 1.Proses Internalisasi Nilai Karakter Religius Melalui Kegiatan Berbasis Keagamaan Pada Siswa SMAN 1 Arjasa yaitu berupa pembacaan al asmaul husna yang dilakukan sebelum mata pelajaran dimulai, yang kedua mengikuti program Kharisma (kajian rohani islam) yang berupa sholat berjemaah, sholat dhuha, dan anjuran untuk bersedekah yang ketiga berupa pengajian rutinan yang dilakukan satu bulan satu kali di rumah siswa masing-masing dengan didalamnya diberi mauidzhoh hasanah berupa pesan moral. 2.Proses Internalisasi Nilai Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Berbasis Keagamaan Pada Siswa SMAN 1 Arjasa berupa pembiasaan absensi sebelum kelas dimulai, melakukan kegitan wajib berjamaah, melakukan pengajian rutinan yang dilakukan di rumah siswa secara bergiliran dalam satu bulan satu kali. 3.Proses Internalisasi Nilai Karakter Toleransi Melalui Kegiatan Berbasis Keagamaan Pada Siswa SMAN 1 Arjasa yaitu berupa sikap gotong royong yang diterapkan di SMAN 1 Arjasa, tidak ada larangan bagi siswa kristen untuk mengikuti pengajian rutinan dan kewajiban mengikuti pelajaran kekeristenan bagi siswa kristen di hari jumat, sifat saling menghargai pendapat antara siswa kristen dan islam yang berada di SMAN 1 Arjasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:01
Last Modified: 26 Apr 2022 03:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3910

Actions (login required)

View Item View Item