Pengembangan Media Pembelajaran Box Treasure Kids Smart (TKS) untuk Meningkatkan Pemahaman pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Cacah Kelas V Madrsah Ibtidaiyah Ma'arif 34 Hasyim Asy'ari Pontang

Husna, Wulan Wildatul (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Box Treasure Kids Smart (TKS) untuk Meningkatkan Pemahaman pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Cacah Kelas V Madrsah Ibtidaiyah Ma'arif 34 Hasyim Asy'ari Pontang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Wulan Wildatul Husna _ 212101040069 Pdf..pdf

Download (3MB)

Abstract

Kebutuhan dalam penggunaan media untuk mendukung pemahaman belajar siswa baik disekolah maupun diluar sekolah sangatlah penting. Terutama pada materi bilangan cacah yang fokus pada siswa agar mudah dalam menyelesaikan soal dalam materi bilangan cacah. Proses pembelajaran kurang efektif tanpa media yang praktis. Fenomena yang terjadi di lapangan bahwa pendidik belum menggunakan media bervariasi. Pendidik masih menggunakan media seadanya sepeti papan tulis, buku cetak. Maka dari itu media box treasure kids smart (TKS) ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam memahami pembelajaran matematika yang berkaitan dengan materi bilangan cacah.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah:1) Bagaimana Pengembnagan Media Box Treasure Kids Smart (TKS) pada materi matematika siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 34 Hasyim Asy’ari Pontang?. 2) Bagaimana Kelayakan Media Box Treasure Kids Smart (TKS) pada materi matematika siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 34 Hasyim Asy’ari Pontang?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengembangan media Treasure Kids Smart (TKS) pada materi matematika Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 34 Hasyim Asy’ari Pontang . 2) Untuk mengetahui kelayakan media Treasure Kids Smart (TKS) Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif 34 hasyim Asy’ari Pontang.
Metode penelitian dan pengembangan pada penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan diantaranya yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan 1). Produk media box treasure kids smart (TKS) terbuat dari triplek dengan komponen-komponen yang ada didalamnya dan desain media yang relevan dengan pelajaran matematika. 2). Hasil kedua rata- rata persentase validasi ahli media 85%, ahli materi 77,5% dan respon guru atau ahli pembelajaran 84% dengan memperoleh hasil rata-rata 81.1% dikategorikan valid layak untuk di digunakan.3). Hasil keefektifan peningkatan pemahaman pada media box treasure kids smart (TKS) ini mendapatkan kategori efektif yang mampu menngkatkan pemahaman dengan perolehan persentase 80% 4) dan hasil penggunaaan media box treasure kids smart (TKS) menggunakan angket siswa memperoleh hasil 94,7%. Dengan kategori mencapai “sangat menarik”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Wulan Wildatul Husna
Date Deposited: 02 Jan 2025 08:30
Last Modified: 02 Jan 2025 08:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39127

Actions (login required)

View Item View Item