Pengaruh konten-Konten Biologi Berbasis Internet Terhadap Minat Dan hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XII MIPA Di SMA Negeri Ambulu Jember

Sa'adah, Lia Ainun Nainis (2025) Pengaruh konten-Konten Biologi Berbasis Internet Terhadap Minat Dan hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XII MIPA Di SMA Negeri Ambulu Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kyai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lia Ainun Nainis Sa’adah_T20188111.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Lia Ainun Nainis Sa’adah, 2024, Pengaruh Konten-Konten Biologi Berbasis
Internet terhadap Minat dan Hasil BelajarBiologi Siswa Kelas XII MIPA
Di SMA Negeri Ambulu.
Kata Kunci: Konten-Konten Biologi Berbasis Internet, Minat Belajar, Hasil
Belajar Biologi.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh faktor-faktor yang berpengaruh
terhadap minat dan hasil belajar biologi. Salah satu faktor yang berpengaruh
adalah faktor ekternal yaitu lingkungan non sosial berupa fasilitas belajar. Salah
satu fasilitas belajar yang penggunanya semakin meningkat pasca pandemi Covid-
19 adalah konten edukasi yang tersaji di media sosial.
Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
penggunaan konten-konten biologi berbasis internet bagi siswa kelas XII MIPA
SMA Negeri Ambulu Jember? 2) Bagaimana minat belajar biologi siswa kelas XII
MIPA SMA Negeri Ambulu Jember? 3) Bagaimana hasil belajar biologi siswa
kelasXII MIPA SMA Negeri Ambulu Jember? 4) Adakah pengaruh konten-konten
biologi berbasis internet terhadap minat belajar biologi siswa kelas XII MIPA
SMA Negeri Ambulu Jember? 5) Adakah pengaruh konten-konten biologi
berbasis internet terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XII MIPA SMA Negeri
Ambulu Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
asosiatif kausal yang dilakukan di SMA Negeri Ambulu Jember. Populasi meliputi
kelas XII sebanyak 250 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster
Random Sampling. Sampel pada penelitian ini sejumlah 178 siswa terdiri dari
kelas XII MIPA 2, XII MIPA 3, XII MIPA 4, XII MIPA 5 dan XII MIPA 7. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis uji hipotesis
meggunakan statistik parametrik yaitu regresi linier sederhana dengan bantuan
program IBM SPSS Statistic 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konten-konten biologi berbasis
internet bagi kelas XII MIPA SMA Negeri Ambulu dengan kategori sangat tinggi
sebesar 42%, kategori tinggi sebesar 38%, kategori sedang sebesar 19%, dan
kategori rendah sebesar 1%. 2) Minat belajar biologi siswa kelas XII MIPA SMA
Negeri Ambulu dengan kategori sangat tinggi sebesar 43%, kategori tinggi sebesar
37%, kategori sedang sebesar 17%dan kategori rendah sebesar 3%. 3) Hasil
belajar biologi siswa kelas XII MIPA SMA Negeri Ambulu dengan kategori
sangat tinggi sebesar 99% dan kategori tinggi sebesar1%. 4) Terdapat pengaruh
yang signifikan konten-konten biologi berbasis internet terhadap minat belajar
biologi siswa kelas XII MIPA SMA Negeri Ambulu yaitu thitung = 20,413 > ttabel
1,973 (p = 0,000 < 0,05. 5) Terdapat pengaruh yang signifikan konten-konten
biologi berbasis internet terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XII MIPA SMA
Negeri Ambulu yatu thitung = 7,025 > ttabel 1,973 (p = 0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Ms Lia Ainun Nainis Sa'adah
Date Deposited: 03 Jan 2025 06:12
Last Modified: 03 Jan 2025 06:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39156

Actions (login required)

View Item View Item