Implementasi Sikap Hidup Rukun Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa ABCD PGRI 2 Desa Jajag Banyuwangi

Miftakhul Jannah, - (2021) Implementasi Sikap Hidup Rukun Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa ABCD PGRI 2 Desa Jajag Banyuwangi. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Miftakhul Jannah_T20171069.pdf

Download (3MB)

Abstract

MiftakhulJannah,2021,Implementasi Sikap Hidup Rukun Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Kelas X Di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa ABCD PGRI 2 Desa Jajag Banyuwangi Kata Kunci:Sikap Hidup Rukun, Pembelajaran PAI, Anak Berkebutuhan Khusus Penelitian ini dilator belakangi oleh adanya fenomena dalam pendidikan Agama Islam yang semakin merusak nilai-nilai keadilan dan sendi-sendi kerukunan dalam bermasyarakat. Di SMA Luar Biasa (LB) ABCD PGRI 2 Desa Jajag Banyuwangi merupakan sekolah yang di dalamnya terdiri dari berbagai jenis anak berkebutuhan khusus yang mampu hidup rukun dengan menjunjung tinggi hak asasimanusia, nilai keagamaan, nilai kultural dan kemajemukan bangsa dengan tanpa membedakan satusama lain. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan sikap hidup rukun dalam pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) kelas X di SMA Luar Biasa (LB) ABCD PGRI 2 Desa Jajag Banyuwangi? 2) Bagaimana pelaksanaan sikap hidup rukun dalam pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) kelas X di SMA Luar Biasa (LB) ABCD PGRI 2 Desa Jajag Banyuwangi? 3) Bagaimana evaluasi sikap hidup rukun dalam pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus kelas X di SMA Luar Biasa (LB) ABCD PGRI 2 Jajag Banyuwangi? Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikanperencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sikap hidup rukun dalam pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) kelas X di SMA Luar Biasa (LB) ABCD PGRI 2 Jajag Banyuwangi. Untuk dapat mencapai tujuan-tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis deskriptif. Untuk dapat dengan mudah dalam menentukan subyek penelitain, peneliti menggunakan teknik purposive.Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif Miles and Huberman.Dengan langkah berikut: Reduksi data, Penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk dapat memeriksa keabsahan data peneliti menggunakan teknik Teiangulasi sumberdanteknik. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan:1) penerapan sikap hidup rukun yang meliputi prota, promes, silabus dan RPP yang didalamnya terdapat materi-materi yang mengandung nilai sikap hidup rukun. 2) pelaksanaan untuk anak tuna rungu dan tuna grahita terdapat strategi, metode dan media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuh ananak. 3) evaluasi dalam pembelajaran menggunakan testulis, teslisandan non tes. Penilaian yang menjadi utama yaitu ketika anak tuna rungu dan tuna grahita mampu mempraktikkan sikap hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari dimanapun siswa berada.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:03
Last Modified: 26 Apr 2022 03:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3917

Actions (login required)

View Item View Item