IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU DISEKOLAH LUAR BIASA BHAKTI PERTIWI KALIBARU BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Haniyati, Haniyati (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU DISEKOLAH LUAR BIASA BHAKTI PERTIWI KALIBARU BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Hani WM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran pendidikan agama islam merupakan proses pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai keimanan, ibadah,akhlak mulia, serta mencakup aspek kognitif(pengetahuan agama),efektif(sikap dan nilai) dan psikomotorik(praktik ibadah)yang teritegrasi untuk membentuk karakter peserta didik yang berlandaskan ajaran islam. Pembelajaran pendidikan agama islam dijadikan salah satu program mata pelajaran di SLB Bhakti pertiwi kalibaru banyuwangi. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki perbedaan fisik, intelektual, sosial atau kombinasi dari beberapa aspek yang membuat mereka memerlukan perhatian, layanan dan pendekatan pendidikan khusus agar dapat berkembang secara optimal. Pembelajaran PAI pada anak berkebutuhan khusus tunarungu membutuhkan pendekatan, strategi dan dukungan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan unik setiap anak serta guru mampu menunjukkan empati dan kesabaran dalam membimbing anak.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus tunarungu di SLB Bhakti Pertiwi Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi pelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus tunarungu di SLB Bhakti Pertiwi Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran agama islam bagi anak berkebutuhan khusus tunarungu di SLB Bhakti Pertiwi Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi pembelajaran pendidikan islam bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Bhakti Pertiwi Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam skripsi ini melalui beberapa cara yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus tunarungu. a) Perencanaan pembelajaran yang meliputi tujuan pembelajaran. b) Pelaksanaan pembelajaran yang meliputi: Kegiatan pendahuluan, Kegiatan inti dan Penutup. c) Evaluasi pembelajaran. 2) Faktor penghambat dan faktor pendukung implementasi pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak berkebutuhan khusus. a) Faktor internal. b) Faktor eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Haniyati Haniyati
Date Deposited: 03 Jan 2025 08:41
Last Modified: 03 Jan 2025 08:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39193

Actions (login required)

View Item View Item