Az Zahra, Kafila (2024) Strategi Digital Marketing Melalui Branding UMKM Kuliner Kelurahan Kepatihan Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Kafila Azzahra_204105020061.pdf Download (19MB) |
Abstract
Kafila Az Zahra, Dr. M.F. Hidayatullah, S.H.I., M.S.I. 2024: Strategi Digital
Marketing Melalui Branding UMKM Kuliner Kelurahan Kepatihan Jember
Kata Kunci: Digital Marketing, Branding, Usaha Mikro Kecil dan Menengah
UMKM kuliner menjadi salah satu solusi efektif dalam meningkatkan
daya saing di pasar yang semakin kompetitif. Branding yang tepat dapat
membantu UMKM kuliner untuk membedakan produk mereka, menciptakan
identitas yang kuat, dan membangun hubungan yang lebih baik dengan konsumen.
Dalam era digital, media sosial menjadi saluran utama dalam mempromosikan
produk kuliner, sehingga strategi digital marketing yang tepat sangat diperlukan
untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Strategi branding yang konsisten
dapat meningkatkan pengenalan merek, membangun kepercayaan, dan mendorong
loyalitas pelanggan, yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada peningkatan
penjualan dan pertumbuhan bisnis.
Fokus dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana strategi digital marketing
UMKM kuliner di Kelurahan Kepatihan Jember? 2). Bagaimana dampak strategi
digital marketing melalui branding UMKM kuliner di Kelurahan Kepatihan
Jember?
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui strategi digital
marketing yang dilakukan UMKM kuliner Kelurahan Kepatihan Jember, 2).
Untuk mengetahui dampak strategi digital marketing melalui branding UMKM
Kuliner di Kepatihan Jember
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Lokasi penelitian berada di Jalan Raden Patah, Kelurahan Kepatihan,
Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Sedangkan keabsahan data diperoleh menggunakan teknik triangulasi
yaitu triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian yaitu 1). Strategi yang dilakukan UMKM Kuliner
Kelurahan Kepatihan Jember menggunakan strategi pemasaran konten dan
pemasaran media sosial. Strategi pemasaran konten yang dilakukan dengan
pembuatan video dan gambar yang menarik, sedangkan strategi pemasaran media
sosial memanfaatkan platfrom media sosial seperti Facebook, WhatsApp dan
Instagram. Kedua strategi ini dapat meningkatkan visibilitas merek, menjangkau
audiens yang lebih luas, dan mendorong keterlibatan yang lebih tinggi. 2).
Terdapat dampak positif dalam menerapkan branding, yakni dapat membedakan
satu produk dari produk lainnya, menciptakan identitas yang unik dan mudah
diingat di benak konsumen, meningkatkan pengenalan produk, membangun
kepercayaan dan loyalitas pelanggan, serta membantu memperkuat posisi produk
di pasar yang kompetitif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Kafila Azzahra |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 07:13 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 07:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39198 |
Actions (login required)
View Item |