Azizah, Kholifatuz Zulfa Nur (2024) PENGARUH AKTIVITAS PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE BERBANTUAN WORDWALL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII G SMP NEGERI 3 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Kholifatuz Zulfa Nur Azizah_204101010052.pdf Download (5MB) |
Abstract
Kholifatuz Zulfa Nur Azizah, 2024: Pengaruh Aktivitas Pembelajaran Crossword Puzzle Berbantuan Wordwall Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VII G SMP Negeri 3 Jember.
Kata kunci: crossword puzzle, wordwall, prestasi belajar
Pembelajaran konvensional di era modern seringkali menghadapi tantangan dalam menarik minat peserta didik dan meningkatkan keterlibatan mereka. Hal ini menjadi salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar dan motivasi peserta didik, khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Oleh karena itu, aktivitas pembelajaran pembelajaran inovatif dan interaktif, seperti crossword puzzle berbantuan Wordwall, menjadi penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.
Rumusan masalah penelitian ini adalah pengaruh aktivitas pembelajaran crossword puzzle berbantuan Wordwall pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIIG SMP Negeri 3 Jember aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh aktivitas pembelajaran crossword puzzle berbantuan Wordwall pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VIIG SMP Negeri 3 Jember aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental one-group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 32 peserta didik kelas VII G. Data dikumpulkan melalui tes (pretest dan posttest), angket motivasi, serta penilaian praktik. Menggunakan uji validitas pearson/product moment, uji realiabilitas cronbach’s alpha, uji normalitas shapiro wilk, uji homogenitas levene statistic, dan uji hipotesis paired sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam prestasi belajar peserta didik pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik setelah menggunakan crossword puzzle berbantuan Wordwall yang dibuktikan dengan rata-rata nilai pretest kognitif adalah 67,81 dan meningkat menjadi 77,50. Dalam aspek afektif, skor rata-rata naik dari 28,59 menjadi 30,53. Sementara itu, skor psikomotorik meningkat dari 13,06 menjadi 17,19. Analisis data menggunakan uji-t menunjukkan bahwa peningkatan ini signifikan secara statistik dengan nilai p < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 10 TECHNOLOGY > 1099 Other Technology > 109999 Technology not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Depositing User: | Kholifatuz Zulfa Nur Azizah |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 08:34 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 08:34 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39202 |
Actions (login required)
View Item |