Interaksi Interpersonal antara Guru dengan Siswa Tunanetra dalam Menghafal Al-Qur’an di SLB An-Najah Tanggul Jember

Lailatul Firda, Avisa Putri (2020) Interaksi Interpersonal antara Guru dengan Siswa Tunanetra dalam Menghafal Al-Qur’an di SLB An-Najah Tanggul Jember. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Lailatul Firda Avisa Putri_T20161132.pdf

Download (6MB)

Abstract

Lailatul Firda Avisa Putri, 2020: Interaksi Interpersonal antara Guru dengan Siswa Tunanetra dalam Menghafal Al-Qur’an di SLB An-Najah Tanggul Jember. Dosen pembimbing: Mochammad Zaka Ardiansyah, M.Pd.I. Kata kunci: Interaksi Interpersonal, Siswa Tunanetra, Menghafal Al-Quran Anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya. Perbedaan ini bukan berarti membuat anakanak berkebutuhan khusus ini menyerah dalam hal belajar, hal ini terjadi pada anak tunanetra yang belajar menghafal Al-Qur’an di Sekolah Luar Biasa AnNajah Tanggul. Zaman sekarang banyak fenomena penghafal Al-Qur’an dari anak-anak hingga dewasa namun yang menjadi berbeda adalah subjek penghafalnya disini adalah siswa dengan kebutuhan khusus yakni tunanetra. Dengan keterbatasan yang dimilikinya namun tetap bisa menghafalkan Al-Qur’an seperti orang awas pada umumnya. Skripsi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, bagaimana anak tunanetra dalam menghafalkan Al-Qur’an. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi dan metode interaksi interpersonal antara guru dengan siswa tunanetra dalam menghafal Al-Qur’an di SLB An-Najah Tanggul? 2) Apa faktor penghambat dan pendukung interaksi interpersonal antara guru dengan siswa tunanetra dalam menghafal Al-Qur’an di SLB An-Najah Tanggul? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi dan metode interaksi interpersonal yang terjadi antara guru dengan siswa tunanetra dalam menghafal Al-Qur’an serta untuk mengetahui faktor yang menjadi penghambat dan pendukung jalannya interaksi interpersonal antara guru dengan siswa tunanetra dalam menghafal Al-Qur’an di SLB An-Najah Tanggul. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif field research. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif model Miles, Huberman dan Saldana yaitu dengan langkahlangkah berikut: kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Pembelajaran menghafal Al-Qur’an bagi siswa tunanetra di SLB An-Najah Tanggul menggunakan prinsip individual dengan metode kombinasi antara metode wahdah dan sima’i. Media yang digunakan adalah Al-Quran Braille, buku tajwid, dan Al-Qur’an audio, sedangkan evaluasinya menggunakan evaluasi secara lisan (murajaah). 2) Faktor penghambat interaksi interpersonal antara guru dengan siswa tunanetra dalam menghafal AlQur’an diantaranya kurangnya kepekaan indra peraba, kesulitan pemahaman serta pengucapan makhorijul huruf, kejenuhan dan kebisingan. Faktor kedua adalah faktor pendukung, diantaranya guru memanfaatkan waktu luang untuk membaca Al-Qur’an Braille, guru membuat inovasi pengajaran, guru memberikan apresiasi atau penghargaan, dan adanya motivasi/dukungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:04
Last Modified: 26 Apr 2022 03:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3922

Actions (login required)

View Item View Item