Pengambangan Media Pembelajaran Pop Up Book pada Pembelajaran Tematik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Annidham Geladak Pakem Jember Tahun Pelajaran 2023/2024

Wardatul, Hasanah (2024) Pengambangan Media Pembelajaran Pop Up Book pada Pembelajaran Tematik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Annidham Geladak Pakem Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
wardah hasanah_T20184075_compressed (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Wardatul Hasanah, 2024: Pengembangan Media Pop Up Book pada Pembelajaran Tematik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Annidham Geladak Pakem Jember

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pop Up Book , Pembelajaran Tematik

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di MI Annidham Geladak Pakem Jember tepatnya dikelas III, menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran dikelas jarang dilakukan dan perlunya pengembangan suatu bahan ajar atau media pembelajaran terutama pada pembelajaran tematik. Karena itulah peneliti mengembangkan sebuah media berupa media Pop Up Book pada pembelajaran tematik kelas III di MI Annidham Geladak Pakem Jember. Pengembangan media ini dilakukan agar peserta didik mudah memahami materi pembelajaran dan dapat meni ngkatkan motivasi peserta didik pada saat belajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses pengembangan media pembelajaran Pop Up Book pada pembelajaran tematik kelas III Madrasah Ibtidaiyah Annidham Geladak Pakem Jember? 2) Bagaimana kelayakan desain media pembelajaran Pop Up Book pada pembelajaran tematik kelas III MI Annidham Geladak Pakem Jember? 3) Bagaimana kepraktisan penggunaan media pembelajaran Pop Up Book pada pembelajaran tematik kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Annidham Geladak Pakem Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran Pop Up Book pada pembelajaran tematik kelas III madrasah Ibtidaiyah Annidham Geladak Pakem Jember. 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Pop Up Book pada pembelajaran tematik kelas III disekolah Madrasah Ibtidaiyah Annidham Geladak Pakem Jember. 3) Untuk mengetahui kepraktisan penggunaan media pembelajaran Pop UP Book pada pembelajaran tematik kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Annidham Geladak Pakem Jember
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Produk yang dihasilkan dari pengembangan ini berupa media Pop Up Book yang terdiri dari buku pop up, materi pembelajaran, kuis dan buku panduan. 2) Hasil kelayakan media Pop Up Book dinyatakan layak dengan hasil persentase kevalidan rata-rata 87% dengan masing-masing perolehan skor ahli media 74%, ahli bahasa 90% ahli materi 90% dan ahli pembelajaran 92%, 3) Hasil kepraktisan media Pop Up Book dinyatakan sangat praktis berdasarkan hasil respon peserta didik dengan perolehan skor sebesar 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Pop UP Book sangat valid dan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Wardatul Hasanah
Date Deposited: 08 Jan 2025 04:34
Last Modified: 08 Jan 2025 04:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39229

Actions (login required)

View Item View Item