Hasanah, Firdatul (2024) Upaya guru meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui metode problem based learning dalam pembelajaran IPS di Mts Sa Nurul Islam Sempolan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Kiai Achmad Siddiq Jember.
Text
firda (6) .pdf Download (19MB) |
Abstract
Problem Based Learning (PBL) adalah metode pembelajaran yang
memungkinkan siswa belajar dengan memecahkan masalah realistis dan
kontekstual. Dengan metode pembelajaran ini memungkinkan siswa terlibat
langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan
konstruktivisme, dengan pengumpulan data melalui observasi dan tes. penelitian
ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan dan
pengajaran yang diselenggarakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Selain itu,
untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII MTs Sa Nurul
Islam Sempolan dengan menerapkan metode problem based learning. Problem
based learning dipilih karena dengan metode ini dapat meningkatkan berpikir
kritis siswa pada proses pembelajaran.
Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana upaya guru meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa melalui metode problem based learning dalam
pembelajaran Ips di Mts Sa Nurul Islam Sempolan? Dan (2) Apa faktor
penghambat dan pendukung upaya guru meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa melalui metode problem based learning dalam pembelajaran IPS di MTs Sa
Nurul Islam Sempolan?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui upaya guru
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui metode problem based
learning dalam pembelajaran IPS di MTs Sa Nurul Islam Sempolan. (2) Untuk
mengetahui faktor penghambat dan pendukung upaya guru meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa melalui metode problem based learning dalam
pembelajaran IPS di MTs Sa Nurul Islam Sempolan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek
penelitian siswa kelas VIII Ips MTs Sa Nurul Islam Sempolan yang berjumlah 21
siswa yang diantaranya 15 siswa laki-laki, dan 6 siswa perempuan. Penelitian
dilakukan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dimana pada setiap siklus
dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dan satu kali tes.
Penelitian ini mengalami peningkatan, hasil lembar observasi pada siklus I
kemampuan berpikir kritis siswa mendapatkan skor 231 dengan kategori cukup
kritis. Sedangkan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa mendapatkan
skor 317 dengan kategori kritis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa menggunakan
metode problem based learning ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa kelas VIII di MTs Nurul Islam Sempolan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Depositing User: | Firdatul Hasanah |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 06:16 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 06:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39257 |
Actions (login required)
View Item |