Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di SD Islam Al-Khoiriyah Bangsalsari Jember

Hibatullah, Mochammad Rizal Agus (2024) Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik di SD Islam Al-Khoiriyah Bangsalsari Jember. Masters thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WATERMARK TESIS RIZAL AGUS.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci : Manajemen Hubungan Masyarakat, Meningkatkan Jumlah Peserta Didik
Manajemen hubungan masyarakat adalah seni mengelola manajemen yang didalamnya terdapat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi bagaimana komunikasi dengan masyarakat yang saling menguntungkan untuk mencapai tujuan bersama dengan bantuan sumber daya yang ada.
Fokus penelitian yaitu 1) Bagaimana perencanaan program hubungan masyarakat dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SD Islam Al-Khoiriyah Bangsalsari Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan program hubungan masyarakat dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SD Islam Al-Khoiriyah Bangsalsari Jember? 3) Bagaimana evaluasi program hubungan masyarakat dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SD Islam Al-Khoiriyah Bangsalsari Jember?
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan program hubungan masyarakat dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SD Islam Al-Khoiriyah Bangsalsari Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program hubungan masyarakat dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SD Islam Al-Khoiriyah Bangsalsari Jember. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi program hubungan masyarakat dalam meningkatkan jumlah peserta didik di SD Islam Al-Khoiriyah Bangsalsari Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian bertempat di SD Islam Al-Khoiriyah Bangsalsari Jember. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan teknik Miles, Huberman, dan Saldana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan : a) Rapat bersama, antara ketua yayasan, kepala sekolah, dan para guru dalam mempersiapkan kegiatan humas, b) Membentuk struktur organisasi dan kepaniataan kegiatan humas, c) Dalam perencanaan humas ini melihat evaluasi humas sebelumnya, d) Dalam perencanaan humas harus disesuaikan dengan visi misi sekolah. 2) Pelaksanaan : a) Melaksanakan humas sesuai dengan tugas, b) Membutuhkan media sosial dan pengeras suara untuk menunjang kegiatan humas. c) Pelaksanaan kehumasan, seperti : acara Haflatul Imtihan, Wisuda, PPDB, pembuatan Kalender, Maulid Nabi SAW, Isra’ Mikraj, kharisma kiai, dan peduli terhadap masyarakat yang sakit ataupun meninggal. d) Membuat program unggulan sekolah, yaitu Tahfidz Qur’an dan Bahasa Inggris. 3) Evaluasi: a) Rapat evaluasi kehumasan setelah selesainya acara, b) Membuka selebar-lebarnya aspirasi dari masyarakat dalam memajukan lembaga. c) Membuat indikator keberhasilan kehumasan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Mochammad Rizal Agus Hibatullah
Date Deposited: 06 Jan 2025 07:30
Last Modified: 06 Jan 2025 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39288

Actions (login required)

View Item View Item