Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Smartphone terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Eksresi Kelas XI IPA SMAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

AULIA, RAHMA (2020) Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Smartphone terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Eksresi Kelas XI IPA SMAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Biologi.

[img] Text
AULIA RAHMA_T20158019.pdf

Download (13MB)

Abstract

Aulia Rahma, 2020: Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Smartphone terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Eksresi Kelas XI IPA SMAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Smartphone merupakan ponsel yang memiliki kemampuan tinggi serta dapat terhubung dengan internet, dan umumnya memiliki fungsi seperti komputer. Pengoperasian yang mudah membuat smartphone digunakan hampir seluruh lapisan masyarakat, mulai dari siswa sekolah dasar, hingga mahasiswa, pengajar, maupun pegawai semua menggunakan smartphone. Fenomena tersebut kemudian digunakan oleh beberapa pihak untuk membantu dalam proses pembelajaran. Salah satunya yaitu SMA Negeri 3 Jember yang mengizinkan siswanya membawa smartphone untuk membantu proses pembelajaran. Hal ini selaras dengan visi sekolah yaitu; terwujudnya peserta didik yang berkarakter, cerdas, terampil, mandiri, dan berwawasan global. Serta salah satu misinya yaitu: mengembangkan minat, bakat dan potensi peserta didik dalam IPTEK. Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbantuan smartphone terhadap motivasi belajar siswa pada materi sistem eksresi di kelas XI IPA SMAN 3 Jember tahun pelajaran 2019/2020, 2) mengetahui pengaruh pembelajaran berbantuan smartphone terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem eksresi di kelas XI IPA SMAN 3 Jember tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif inferensial dengan jenis penelitian quasi exsperimental design dengan desain nonequivalent group posttest only design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang berjumlah 208 siswa dan sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 yang berjumlah 68 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data menggunakan Independent T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan bantuan smartphone dan motivasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi sistem eksresi di kelas XI IPA; 2) bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan bantuan smartphone dan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi sistem eksresi di kelas XI IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:35
Last Modified: 26 Apr 2022 03:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3930

Actions (login required)

View Item View Item