Faizah, Izzatul (2024) Penerapan Lirik Lagu Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Isyarat Siswa Tunarungu-Wicara di SLB ABC Balung. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Izzatul Faizah_205103030007.pdf Download (3MB) |
Abstract
Anak berkebutuhan khusus anak yang memiliki karakteristik berbda dengan anak pada umumnya, dan memiliki keterbatan pada fisik, mental, sosial, maupun emosinya. Salah satu keterbatasan yang dialami anak berkebutuhan khusus adalah keterbatasan pada pendengaran dan wicaranya, sehingga mengakibatkan keterbatasan pada komunikasinya. Oleh karena itu siswa Tunarungu-wicara membutuhkan pembelajaran khusus terkait jenis komunikasi yang tepat bagi mereka yaitu menggunakan kemampuan visaulnya. Maka dari itu bahasa isyarat menjadi solusi sebagai media komunikasi untuk mereka para penyandang Tunarungu-wicara.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Bagaimana penerapan lirik lagu dalam meningkatkan kemampuan bahasa isyarat siswa Tunarungu-wicara di SLB ABC Balung? 2) Bagaimana hasil dari penerapan lirik lagu dalam meningkatkan kemampuan bahasa isyarat siswa Tunarungu-wicara di SLB ABC Balung? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendekskripsikan penerapan lirik lagu dalam meningkatkan kemampuan bahasa isyarat siswa Tunarungu-wicara di SLB ABC Balung. 2) Untuk mendeksripsikan hasil dari penerapan lirik lagu dalam meningkatkan kemampuan bahasa isyarat siswa Tunarungu-wicara di SLB ABC Balung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif deskriptif dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Sementara teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis data menggunakan 3 macam yaitu Pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Sedangkan kesimpulan dan keahsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan Triangulasi Tehnik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa 1) Penerapan lirik lagu dapat meningkatkan kemampuan bahasa isyarat siswa Tunarungu-wicara dengan adanya respon yang baik dari siswa dalam menangkap pembelajaran saat dilakaukan. Sehingga membantu siswa dalam pemahaman kosa kata menggunakan bahasa isyarat. 2) Hasil dari penerapan lirik lagu sebagai media visual dalam pembelajaran bahasa isyarat ialah berhasil. Berhasil meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa isyarat siswa dengan baik dan benar sesuai dengan komponen – komponen yang ada pada kaidah SIBI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | Ms Perpustakaan Izzatul Faizah |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 01:41 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 01:41 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39311 |
Actions (login required)
View Item |