PENERAPAN MEDIA FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII A DI SMP ISLAM NURUL ISTI'DAD MULYOREJO SILO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Hasanah, Holifatul (2024) PENERAPAN MEDIA FLIP CHART UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII A DI SMP ISLAM NURUL ISTI'DAD MULYOREJO SILO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Holifatul Hasanah_T20199063.pdf

Download (29MB)

Abstract

Holifatul Hasanah, 2024 : Penerapan Media Flip Chart Untuk Meningkatkan
Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII A di SMP Islam Nurul Isti’dad Mulyorejo Silo Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Kata Kunci : Media Flip Chart , Berfikir Kritis, IPS
Berdasarkan latar belakang penelitian yang ditemukan di SMP Islam Nurul
Isti’dad Mulyorejo Silo, terdapat proses pembelajaran yang kurang bervariasi tanpa
bantuan media pembelajaran, sehingga siswa merasa jenuh dan bosan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Pada saat proses pembelajaran juga masih banyak siswa yang berbicara sendiri dan kurang memperhatikan penjelasan guru, hal ini mengakibatkan siswa tidak bisa bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru sehingga kemampuan berfikir kritis siswa menjadi rendah.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah apakah penggunaan media flip
chart dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS
Kelas VII A di SMP Islam Nurul Isti’dad Mulyorejo Silo Jember.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui apakah media flip chart dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII A di
SMP Islam Nurul Isti’dad Mulyorejo Silo Jember tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc.Taggart yang berlangsung 2 siklus. Tempat penelitian ini kelas VII A di SMP Islam
Nurul Isti’dad Mulyorejo Silo Jember. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa observasi dan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan data kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan media flip chart efektif dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa IPS. Hasil penelitian ini sebelum masuk pada tahap pelaksanaan, peneliti memberikan pretest kepada siswa untuk mengetahui kemampuan awal berfikir kritis siswa. Hasil pretest
siswa rata-rata 46 terdapat 16 siswa yang masih memiliki nilai <64 dan 4 siswa lainnya memiliki nilai >75 atau presentase kemampuan berfikir kritis siswa 80% yang
belum mencapai tingkat berfikir kritis dan 20% siswa yang berhasil mencapai tingkat
berfikir kritis.
Pada Siklus I rata-rata skor siswa meningkat menjadi 69 dengan presentase
berfikir kritis 40% atau 8 siswa yang mencapai ketuntasaan, sedangkan 60% siswa
atau 12 siswa masih belum mencapai ketuntasan. Meskipun di Siklus I siswa sudah
menunjukkan adanya perbaikan tetapi secara umum masih tergolong rendah.
Pada Siklus II rata rata skor siswa meningkat sangat signifikan menjadi 88
dengan presentase berfikir kritis 90% atau 18 dari 20 siswa mencapai strandar
ketuntasan. Peningkatan tersebut terjadi karena adanya penggunaan media flip chart
yang lebih dimaksimalkan dengan memberikan lebih banyak kesempatan bagi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan visualisasi dan diskusi kelompok, hal ini
membantu siswa meningkatkan keterampilan berfikir kritis secara lebih mendalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan Holifatul Hasanah
Date Deposited: 07 Jan 2025 01:54
Last Modified: 07 Jan 2025 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39312

Actions (login required)

View Item View Item