Soffa, Vina Mauliya (2025) Konseling Indivudu Dengan Teknik Afirmasi Diri Dalam Meningkatkan Kemandirian Kelajar Anak Di Panti Asuhan Muhammadiyah Budi Mulia Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Skripsi Vina Mauliya Soffa (Revisi sidang) fixs DISTRIBUSI.pdf Download (15MB) |
Abstract
Kata Kunci: Konseling, Teknik Afirmasi
Kemandirian belajar di Panti Asuhan Muhammadiyah Budi Mulia Jember sangatlah diperhatikan oleh konseli. Anak-anak yang tinggal di Panti Asuhan tersebut sangatlah mandiri dalam belajar dan memiliki jadwal serta cacatan tersendiri meskipun di Panti Asuhan tersebut tidak memiliki guru khususdalam mengajari mereka belajar. Maka dari itu peneliti akan menggali informasi mengenai kemandirian belajar mereka yang meningkat dikarenakan strategi yang digunakan konslinya yakni menggunakan teknik afirmasi sebagai strategi khuusus
dalam meningkatkan kemandirian siswa. Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan konseling individu dengan teknik afirmasi dalam meningkatkan kemandirian belajar anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Budi Mulia Jember? 2) Bagaimana dampak dari pelaksanaan konseling individu dengan teknik afirmasi
diri dalam meningkatkan kemandirian belajar anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Budi Mulia Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan
konseling individu dengan teknik afirmasi dalam meningkatkan kemandirian belajar anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Budi Mulia Jember. 2) Untuk mengetahui dampak dari pelaksanaan konseling individu dengan teknik afirmasi
diri dalam meningkatkan kemandirian belajar anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Budi Mulia Jember.
Penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif, jenis penelitian yakni studi fenomenologi, lokasi penelitian di Panti Asuhan Muhammadiyah Budi Mulia Jember, subjek penelitian menggunakan data primer dan data sekunder,
keabsahan data, dan tahap-tahap penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konseling individu dengan teknik afirmasi efektif dalam membantu anak yang kesulitan belajar dengan mempengaruhi alam bawah sadar untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi lebih mandiri. Langkah-langkahnya meliputi klarifikasi masalah, eksplorasi diri klien, pengenalan teknik afirmasi, penyusunan dan penempelan afirmasi positif, latihan mandiri, evaluasi, dan tindak lanjut jika diperlukan. Tujuan akhirnya adalah agar
klien dapat mengubah sikap dan karakter buruknya. 2) Dampak penerapan konseling afirmasi di Panti Asuhan Muhammadiyah Budi Mulia Jember meliputi dukungan dalam perkembangan anak, pengembangan keterampilan sosial, pengendalian emosi, dan pembentukan konsep diri positif. Teknik ini juga praktis
dan tidak memerlukan waktu lama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | ms vina mauliya |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 04:02 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 04:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39314 |
Actions (login required)
View Item |