Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis media ular tangga pada Mata Pelajaran Al Qur'an Hadis Kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jembrana

Ulya, Syukriana Rosidatul (2024) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis media ular tangga pada Mata Pelajaran Al Qur'an Hadis Kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jembrana. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SYUKRIANA (SKRIPSI) terakhir WM.pdf

Download (9MB)

Abstract

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen (TGT) Berbasis Media Ular Tangga, Mata Pelajaran Al qur’an Hadis.
Permasalahan yang terjadi dalam proses pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Al Qur'an Hadis ialah mengenai kurang menariknya metode atau model pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga peserta didik kurang dalam memahami materi yang diajarkan oleh guru tersebut.
Fokus penelitian ini mengenai 1) Bagaimana penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( TGT) berbasis Media Ular Tangga, 2) Apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis Media Ular Tangga pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jembrana. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( TGT) berbasis Media Ular Tangga, Faktor Pendukung dan Penghambat Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament ( TGT) berbasis Media Ular Tangga pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis kelas XII di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jembrana.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menurut Miles dan Huberman, yaitu mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yaitu triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1. Penerapan model pembelajaran tipe teams games tournament (TGT) berbasis media ular tangga ialah pembelajaran berkelompok dengan berisikan 4-6 orang, melatih kekompakan, pemahaman materi, menumbuhkan kemampuan berpikir, rasa menghargai dan tolong menolong. Terdapat 3 kegiatan pembelajaran yaitu: kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Penilaian meliputi: pretes, penilaian formatif dan penilaian sumatif. 2. Faktor pendukung dan penghambat penerapan model pembelajaran tipe teams games tournament (TGT) berbasis media ular tangga. Faktor pendukung yaitu penggunaan media yang tepat, sarana dan prasarana yang memadai, siswa yang semangat dan antusias serta nyaman dalam kegiatan belajar. Faktor penghambat yaitu karakteristik belajar yang berbeda, siswa kurang percaya diri dan keterbatasan waktu kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syukriana Rosidatul Ulya
Date Deposited: 07 Jan 2025 03:36
Last Modified: 07 Jan 2025 03:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39317

Actions (login required)

View Item View Item