Implementasi Evaluasi Pembelajaran ELearning dengan Aplikasi Google Form pada Pelajaran PAI & BP kelas VII di SMP Negeri 7 Jember Tahun Ajaran 2020/2021.

Alfiana Haznun Nafizah, - (2021) Implementasi Evaluasi Pembelajaran ELearning dengan Aplikasi Google Form pada Pelajaran PAI & BP kelas VII di SMP Negeri 7 Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
Alfiana Haznun Nafizah_T20171264.pdf

Download (60MB)

Abstract

Alfiana Haznun Nafizah, 2021: Implementasi Evaluasi Pembelajaran ELearning dengan Aplikasi Google Form pada Pelajaran PAI & BP kelas VII di SMP Negeri 7 Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, E-Learning, Google Form Dalam proses pendidikan tidak dapat dipisahkan dari tahap evaluasi. Tahap ini digunakan untuk memperbaiki berbagai kekurangan hasil belajar peserta didik dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan sikap selama proses pembelajaran. Pembelajaran adalah proses interaksi antar peserta didik, antar peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Ulangan adalah proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran untuk memantau kemajuan dan perbaikan hasil belajar peserta didik. Fokus penelitiannya adalah (1) Bagaimanakah pelaksanaan evaluasi pembelajaran e-learning pada ranah kognitif dengan google form pada mata pelajaran PAI & BP kelas VII di SMP Negeri 7 Jember Tahun Ajaran 2020/2021? (2) Bagaimanakah pelaksanaan evaluasi pembelajaran e-learning pada ranah afektif dengan google form pada mata pelajaran PAI & BP kelas VII di SMP Negeri 7 Jember Tahun Ajaran 2020/2021? Adapun tujuan penelitiannya adalah (1) Mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran e-learning pada ranah kognitif dengan google form pada mata pelajaran PAI & BP kelas VII di SMP Negeri 7 Jember Tahun Ajaran 2020/2021? (2) Mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran e-learning pada ranah afektif dengan google form pada mata pelajaran PAI & BP kelas VII di SMP Negeri 7 Jember Tahun Ajaran 2020/2021? Metode yang dipakai adalah penelitian kualitatif. Jenis pendekatannya yaitu kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penelitian lapangan (Field Reseacrh). Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles Huberman & Saldana. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada ranah kognitif dengan aplikasi google form di SMP Negeri 7 Jember sudah terlaksana. Proses evaluasi pembelajaran e-learning pada ranah kognitif dimulai dengan menentukan (KD) dan (IPK) yang sudah disusun pada (RPP). Penentuan indikator soal pada evaluasi pembelajaran ranah kognitif menggunakan (KD) 3.4 dan (IPK) 3.4.1 dan 3.4.2. Dalam pelaksanannya ada kendala yang berasal dari faktor internal berupa kurangnya pemahaman terhadap materi, kurang akrab dengan media elektronik. (2) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan aplikasi google form pada ranah afektif di SMP Negeri 7 Jember sudah terlaksana melalui aktivitas dalam google form. Sedangkan penentuan indikator penilaian pada ranah afektif menggunakan (KD) 1.4 dan 2.4 dengan (IPK) 1.4.1 dan 2.4.1. Dalam pelaksanannya ada kendala yang berasal dari faktor eksternal pelaksana berupa kurannya motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad iqbal abdilah
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:58
Last Modified: 26 Apr 2022 03:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3933

Actions (login required)

View Item View Item