Notaviya, Vina (2014) Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Pendidikan Kesetaraan Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PMBM) Sayyida Kecamatan Srono Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
hard(1) (1).pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata kunci: Implementasi Pembelajaran, Pendidikan Kesetaraan Paket B,
PKBM
Pendidikan kesetaraan Paket B merupakan pendidikan nonformal yang
setara dengan jenjang pendidikan SMP/MTs. IPS menjadi salah satu mata
pelajaran yang termuat dalam kurikulum pendidikan kesetaran Paket B.
Karakteristik pembelajaran pada pendidikan kesetaraan Paket B bersifat fleksibel
hal ini dikarenakan usia dan latarbelakang warga belajar yang beragam.
Implementasi pembelajaran IPS pada pendidikan kesetaraan Paket B di PKBM
Sayyida menggunakan berbagai media dan strategi pembelajaran.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana materi pembelajaran IPS pada
pendidikan kesetaraan Paket B di PKBM Sayyida Kecamatan Srono Kabupaten
Banyuwangi? 2) Bagaimana media pembelajaran IPS pada pendidikan kesetaraan
Paket B di PKBM Sayyida Kecamatan Srono? 3) Bagaimana strategi
pembelajaran IPS pada pendidikan kesetaraan Paket B di PKBM Sayyida?
Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif. Jenis penelitian deskriptif
kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan,
observasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan
Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan, triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Subtansi materi pembelajaran IPS
pada buku modul Indonesia Kaya Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Paket B Setara
SMP/MTs tidak jauh berbeda dengan buku modul IPS SMP Kelas VII, hanya saja
pada buku modul IPS SMP Kelas VII materi IPS diuraikan secara detail
sedangkan pada buku modul Indonesia Kaya Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Paket
B Setara SMP/MTs uraian materi berfokus pada poin-poin penting saja. 2) Media
pembelajaran IPS pada pendidikan kesetaraan Paket B di PKBM Sayyida
menggunakan 4 media, yaitu: buku Modul Paket B Ringkasan Materi kelas 7, 8,
dan 9, atlas, peta, dan buku modul Indonesia Kaya Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Paket B Setara SMP/MTs. 3) Strategi pembelajaran IPS pada pendidikan
kesetaraan Paket B menggunakan 2 strategi yaitu: strategi ekspositori dan strategi
mandiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | 12 Vina Notaviya |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 03:10 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 03:10 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39335 |
Actions (login required)
View Item |