Najwa, Shinta (2024) Strategi Pemasaran Dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan UMKM Telur Ayam UD Indah Jaya Farm Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Shinta Najwanun Nidaa’.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci:Strategi Pemasaran, (Marketing Mix ) 4p, UMKM Telur Ayam.
Strategi pemasaran merupakan rencana atau pendekatan yang dirancang oleh perusahaan untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanan mereka kepada pelanggan yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk tercapainya tujuan pemasaran pada suatu perusahaan.
Fokus penelitian ini adalah:1. Bagaimana strategi pemasaran dalam upaya peningkatan omset penjualan UMKM Telur ayam UD Indah Jaya Farm Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember? 2. Apa saja faktor pendorong dan penghambat dalam menerapkan strategi pemasaran dalam upaya peningkatan omset penjulan UMKM telur ayam UD Indah Jaya Farm Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember?
Tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam upaya peningkatan omset penjualan UMKM telur ayam UD Indah Jaya Farm Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember. 2.Untuk mengetahui apa saja faktor pendorong dan penghambat dalam menerapkan strategi pemasaran dalam upaya peningkatan omset penjualan UMKM telur ayam UD Indah Jaya Farm Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif pendekatan deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan strategi pemasaran yang dilakukan di UD Indah Jaya Farm Desa Karangduren Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah: 1. Bauran pemasaran (marketing mix) 4p yang terdiri dari: a) Strategi produk yaitu dengan memproduksi produk yang berkualitas dan menjaga aspek-aspek kebersihan dalam memproduksi telur agar konsumen tetap percaya pada perusahaan. b) Strategi harga yaitu untuk harga yang ditawarkan cukup terjangkau di kalangan masyarakat dengan Rp. 23.000 ribu perkilo. c) Strategi tempat yaitu dengan cara mengantarkan langsung dan ada juga yang langsung datang ke lokasi. d) Strategi promosi yaitu dengan melakukan pendekatan langsung dengan masyarakat dari mulut ke mulut, dan whatsapp. 2. Faktor pendorong dan penghambat dalam produksi yaitu a) banyak nya pesaing.b) memperbanyak menawarkan produk keberbagai tempat kenaikan harga pakan. c) kenaikan harga pakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Shinta Najwa |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 04:26 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 04:26 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39336 |
Actions (login required)
View Item |