Riflah, Nabila (2024) Strategi Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Melalui Bank Sampah Sahabat Ibu Di Tegal Besar Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
NABILA RIFLAH Z. H_201405020160.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kata kunci : Strategi Pemberdayaan, Ekonomi kreatif, Bank Sampah.
Bank Sampah merupakan salah satu strategi yang dapat dilakukan dalam
menunjang gerakan ekonomi kreatif di Indonesia. Bank Sampah Sahabat Ibu
melakukan inovasi melalui kegiatan yang dapat membantu menciptakan
lingkungan yang bersih dan sehat di masyarakat. Melalui program pelatihan
mengenai bagaimana masyarakat dapat memanfaatkan sampah dengan baik dan
memiliki nilai jual. Kegiatan ini merupakan salah satu aktivitas yang bisa
mengajarkan masyarakat dalam memilah sampah dan bertujuan untuk
meningkatkan kesadaran dari masyarakat dalam kreativitas pengelolaan sampah.
Fokus penelitian yang diteliti pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 1.
Bagaimana strategi Bank Sampah Sahabat Ibu menghasilkan SDM yang kreatif
dan inovatif dalam mewujudkan ekonomi kreatif berbasis sampah? 2.Bagaimana
Bank Sampah Sahabat Ibu dalam melakukan pemasaran terhadap hasil karya
mereka ?.
Tujuan penelitian ini yaitu. 1.Untuk mengetahui bagaimana strategi Bank
Sampah Sahabat Ibu menghasilkan SDM yang kreatif dan inovatif dalam
mewujudkan ekonomi kreatif berbasis sampah 2. Untuk mengetahui bagaimana
Bank Sampah Sahabat Ibu Dalam melakukan pemasaran terhadap hasil karya
mereka.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif.
Untuk pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi.
Keabsahaan data menggunakan tringulasi sumber dan teknik. Analisis data
menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah 1) mengenai bagaimana strategi bank sampah
Sahabat Ibu dalam menghasilkan SDM yang kreatif dan inovatif dalam
mewujudkan ekonomi kreatif berbasis sampah yaitu dengan mengadakan program
pelatihan dan sosialisasi kepada nasabah dan masyarakat sekitar. Sehingga mampu
menghasilkan sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif dari pelatihan yang
sudah diberikan. Mereka juga menerapkan sistem pengelolaan sampah dengan
menggunakan prinsip 3R ( Reduce, Reuse, Recycle ) yang bertujuan untuk
mengurangi volume jumlah sampah rumah tangga yang ada di masyarakat. 2)
Cara bank sampah Sahabat Ibu dalam memasarkan hasil karya mereka adalah
memanfaatkan media sosial. Media sosial yang aktif mereka gunakan yakni
melalui grup whatsaap. Mereka juga menggunakan metode pemasaran dari mulut
ke mulut sebagai bentuk promosi produk yang mereka lakukan. Para setiap
nasabahnya memiliki rasa tanggung jawab untuk membantu memasarkan hasil
produk di bank sampah. Sehingga hasil kerajinan yang dihasilkan pun dapat
terpublikasi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Nabila Riflah |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 04:22 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 04:22 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39340 |
Actions (login required)
View Item |