Camelia, Syamsi (2025) PENGARUH PROMOSI, PERCEIVED EASE, DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN FITUR APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL SERVICE (PDS) PADA PT PEGADAIAN (PERSERO) UPC KALISAT-JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Acmad Siddiq Jember.
Text
SYAMSI CAMELIA_201105010028_acc_.pdf Download (4MB) |
Abstract
Syamsi Camelia, Nadia Azalia Putri, 2024: Analisis Pengaruh Promosi, Perceived Ease dan Perceived Value Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Fitur Aplikasi Pegadaian Digital Service pada PT Pegadaian (Persero) UPC Kalisat-Jember.
Kata Kunci : promosi, perceived ease, perceived value.
Perkembangan teknologi telah membawa suatu perubahan kebutuhan masyarakat atau suatu alat pembayaran yang dapat memenuhi kecepatann, ketepatan dan keamanan dalam setiap transaksi elektronik. Tujuan menciptakan Pegadaian Digital Service adalah agar dapat menjangkau masyarakat yang gaya hidupnya serba digital untuk menawarkan produk Pegadaian. Oleh karena itu, penting untuk melalukan penelitian dan analisis pasar yang cermat untuk memahami bagaimana promosi, perceived ease dan perceived value dapat diatur dan dioptimalkan agar sesuai dengan kebutuhan dan preferensi nasabah yang menjdi target layanan Pegadaian Digital Service (PDS).
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apakah promosi berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan fitur aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS)?, 2) Apakah perceived ease berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan fitur aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS)?, 3) Apakah perceived value berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan fitur aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS)?, 4) Apakah promosi, perceived ease dan perceived value berpengaruh secara simultan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan fitur aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS)?.
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan fitur aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS). 2) Untuk menganalisis pengaruh perceived ease terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan fitur aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS). 3) Untuk menganalisis pengaruh perceived value terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan fitur aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS). 4) Untuk menganalisis pengaruh promosi, perceived ease dan perceived value terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan fitur aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS).
Dalam penelitian ini data diambil dengan menggunakan kuisioner/angket, dan dokumentasi dengan pengambilan sampel non probability sampling. Analisis data kuantitatif meliputi uji validitas, uji asumsi melalui uji normalitas, uji multilinieritas, uji heterokedatisitas, analisis regresi linier berganda, pengujian hipotesis melalui uji koefisien determinan dan uji t dengan bantuan aplikasi SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : promosi secara parsial berpengaruh pada keputusan nasabah menggunakan fitur aplikasi Pedagaian Digital Service (PDS), perceived ease secara parsial tidak berpengaruh pada keputusan nasabah menggunakan fitur aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS), perceived value secara persial berpengaruh pada keputusan nasabah menggunakan fitur aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS), promosi, perceived ease dan perceived value secara simultan berpengaruh signifikan pada pada keputusan nasabah menggunakan fitur aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149903 Heterodox Economics 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Depositing User: | Ms Syamsi Camelia |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 06:39 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 06:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39359 |
Actions (login required)
View Item |