andayani, firanti (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY(TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII DI SMP 07 MA’ARIF PERINTIS TEMPUREJO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Firanti Andayani_202101090021 (1) (1).pdf Download (4MB) |
Abstract
Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa kelas VII di SMP 07 Ma’arif Perintis Tempurejo pada mata pelajaran IPS. Yang mana nilai siswa pada kelas VII pada mata pelajaran IPS rendah, karena siswa tidak pernah menghiraukan guru saat proses pembelajaran berlangsung dan guru sering mengulang ulang model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Sehingga pada hal ini siswa pada proses pembelajaran merasa tidak semangat dan pasif. Pada permasalahan diatas peneliti menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada mata pelajaran IPS di kelas VII di SMP 07 Ma’arif Perintis Tempurejo dan apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMP 07 Ma’arif Perintis Tempurejo.
Metode pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuntitatif. Dengan menggunakan desain penelitian pre experimental design group Pretest dan posttest deangan adanya (tes awal dan tes akhir). jumblah sampel 25 siswa kelas VII di SMP 07 Ma’arif Perintis Tempurejo. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes (Pretest dan Posttest ).
Hasil pada penelitian ini terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa kelas
VII di SMP 07 Ma’arif Perintis Tempurejo Jember. B ahwa perbedaan yang
signifikan antara nilai rata rata hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMP 07
Ma'arif P erintis T empurejo Jember sebelum menggunakan model pembelajaran
T wo S tay T wo Stray dan rata rata hasil belajar IPS siswa kelas VII s esudah
menggunakan model pembelajaran T wo S tay T wo Stray yaitu nilai pretest dan
posttest nilai hasil Pretest 66,12, sedangkan nilai Posttes 84,56, menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan menunjukan nilai yang signifikan. Dengan uji t . t hitung sebesar 13,544 dan t tabel sebesar 2,060 sig. 0,000 lebih besar 0,05 dengan kepercayaan 95%, Dapat di simpulkan terdapat perbedaan nilai sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray hingga hasil penelitian dapat dinyatakan terdapat pengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMP 07 Ma’arif Perintis Tempurejo Jember.
Kata Kunci : Model Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, IPS.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Skripsi Firanti Andayani |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 08:30 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 08:30 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39366 |
Actions (login required)
View Item |