Mufidah, Zahrotul (2024) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Strategi Humor di Kelas X SMA Negeri Jenggawah Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Skripsi Zahrotul Mufidah_WATERMARK.pdf Download (9MB) |
Abstract
Zahrotul Mufidah, 2024: “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui
Strategi Humor di Kelas X di SMA Negeri Jenggawah Tahun Ajaran 2023/2024”
Kata Kunci: Pembelajaran, Strategi, Humor, Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Humor merupakan candaan yang berasal dari diri seseorang sehingga
dapat membuat orang-orang ikut tertawa atas kelucuannya yang membuat
seseorang merasa bahagia. Dari rasa bahagia tersebut penerapan humor dalam
pendidikan diharapkan bisa membangkitkan semangat siswa ketika mereka
merasakan kejenuhan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dalam kelas.
Adapun Fokus Penelitian ini adalah, 1) Bagaimana perencanaan
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui strategi humor di
kelas X di SMA Negeri Jenggawah?. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui strategi humor di kelas X di
SMA Negeri Jenggawah?. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti melalui strategi humor di kelas X di SMA Negeri
Jenggawah?
Tujuan penelitian: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui strategi humor di kelas X di
SMA Negeri Jenggawah. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui strategi Humor di kelas X di
SMA Negeri Jenggawah. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas X di SMA Negeri Jenggawah.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis
penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) observasi, 2)
wawancara,, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan Kesimpulan. Pada uji
keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi Teknik.
Hasil Penelitian: 1) Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru
Pendidikan Agama Islam yaitu menyiapkan media pembelajaran yang berupa
proyektor, film, dan sebuah cerita. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti melalui strategi humor yaitu ketika siswa sudah
mulai bosan dalam pembelajaran guru menampilkan video lucu, bercerita tentang
nabi dan bercerita yang lucu, dan guru juga menggunakan game teka teki melalui
website word wall agar siswa kembali bersemangat dalam pembelajaran. 3)
Evaluasi pembelajaran melalui strategi humor yaitu strategi humor bisa dikatakan
cukup mampu dalam menujang dan meningkatkan motivasi belajar siswa, terlihat
ketika siswa melakukan pembelajaran sangat aktif dan tidak terlihat lesu maupun
mengantuk, semua siswa terlihat sangat semangat dalam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Te Whariki (Maori Early Childhood Education) 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education |
Depositing User: | Ms Zahrotul Mufidah |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 08:43 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 08:43 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39372 |
Actions (login required)
View Item |