Husna, Laila Nazilatul (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS FLIPACLIP PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (PP) KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 BANYUWANGI. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Laila Nazilatul Husna_201101040005.pdf Download (8MB) |
Abstract
Laila Nazilatul Husna, 2024 : Pengembangan Media Berbasis Flipaclip Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila (PP) Kelas IV Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Banyuwangi
Kata Kunci: Pengembangan media, Media Flipaclip, Pendidikan Pancasila
Media video animasi berbasis Flipaclip merupakan solusi inovatif dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Media berbasis Flipaclip adalah aplikasi pembuat animasi yang memungkinkan pengguna membuat video animasi frame by frame. Pengembangan media video animasi berbasis Flipaclip dilakukan dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, dan kebutuhan materi. Keistimewaan Flipaclip terletak pada kemudahannya yang bisa digunakan oleh semua kalangan, mulai dari pemula hingga animator berpengalaman. Maka dari itu perlu dikembangkan media video animasi berbasis Flipaclip pada pembelajaran Pendidikan Pancasila (PP) peserta didik kelas IV E di MIN 1 Banyuwangi.
Peneliti pengembangan ini berfokus pada: 1) Bagaimana pengembangan media video animasi pada pembelajaran Pendidikan Pancasila (PP) peserta didik kelas IV E di MIN 1 Banyuwangi?. 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media video animasi pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila (PP) peserta didik kelas IV E di MIN 1 Banyuwangi?. 3) Bagaimana praktikalitas pengembangan media video animasi pada pembelajaran Pendidikan Pancasila (PP) peserta didik kelas IV E di MIN 1 Banyuwangi?
Peneliti pengembangan ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana proses pengembangan media video animasi pada pembelajaran Pendidikan Pancasila (PP) peserta didik kelas IV E di MIN 1 Banyuwangi. 2) Mengetahui kelayakan pengembangan media video animasi pada Pendidikan Pancasila (PP) peserta didik kelas IV E di MIN 1 Banyuwangi. 3) Mengetahui praktikalitas pengembangan media video animasi pada pembelajaran Pendidikan Pancasila (PP) peserta didik kelas IV E di MIN 1 Banyuwangi.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan menerapkan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan utama: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan) Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket penilaian yang dilakukan oleh 2 validator ahli (ahli materi dan ahli media), wawancara, dan observasi untuk mengukur respon siswa dan guru terhadap media yang dikembangkan serta menilai hasil belajar siswa.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini meliputi: 1) Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa media video animasi berbasis Flipaclip pada pembelajaran Pendidikan Pancasila (PP) peserta didik kelas IV E di MIN 1 Banyuwangi. 2) Hasil dari kelayakan yang dilakukan oleh kedua validator menghasilkan skor yang sangat positif, dengan tingkat persetujuan mencapai 95,65% dan 95,91%, yang menghasilkan rata rata keseluruhan sebesar 95,78%. Maka dari itu hasil dari uji kelayakan dinyatakan memenuhi kriteria dan sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam proses pembelajaran. 3) Dari segi praktikalitas, media pembelajaran ini terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap materi norma norma yang berlaku di masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan media video animasi berbasis Flipaclip merupakan solusi inovatif yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan pancasila di tingkat sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Laila Nazilatul Husna |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 04:02 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 04:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39406 |
Actions (login required)
View Item |