Amalia, Riza (2025) Konseling Dengan Teknik Self Management Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (Lksa) Mambaul Ulum Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Ahcmad Siddiq Jember.
Text
Riza Amalia_204103030024.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kata Kunci: LKSA, motivasi belajar, teknik self management.
Salah satu faktor berhasil tidaknya proses belajar pada seorang anak adalah motivasi belajarnya. Teknik self management merupakan salah satu teknik dalam konseling behavior yang mempelajari tentang tingkah laku individu yang bertujuan merubah perilaku, pikiran dan perasaan untuk membantu konseli dalam mengatur, memantau, mengarahkan atau mengendalikan diri sendiri dalam, menyelesaikan permasalahan.
Fokus Penelitian: 1) Bagaimana cara mengatasi bahwa motivasi belajar anak panti asuhan LKSA rendah? 2) Bagaimana proses pelaksanaan konseling dalam teknik self management untuk meningkatkan motivasi belajar anak panti asuhan LKSA? 3) Bagaimana hasil pelaksanaan konseling menggunakan teknik self management untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak LKSA Mambaul Ulum?.
Tujuan dari penelitian ini: 1) Mendeskripsikan cara mengatasi bahwa motivasi belajar anak panti asuhan LKSA yang rendah. 2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan konseling islam dalam teknik self management untuk meningkatkan motivasi belajar anak panti asuhan LKSA. 3) mendeskripsikan hasil pelaksanaan konseling islam menggunakan teknik self management untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak LKSA Mambaul Ulum.
Pendekatan metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pemilihan subjek menggunakan purposive, jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan, lokasi penelitian di LKSA Mambaul Ulum Jember, teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan tahap-tahap penelitian.
Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Rendahnya motivasi belajar anak LKSA yakni tak lain kehilangan peran orangtua, kemudian konselor menggunakan teknik konseling islam pola asuh ala nabi dalam self mangement untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar di LKSA. 2) Menggunakan teknik atau kombinasi teknik terapeutik dalam pengubahan perilaku yang bertujuan untuk mengarahkan perilaku seseorang, mempengaruhi tingkah laku individu berkenaan dengan kesadaran dan keterampilan untuk mengatur keadaan sekitarnya, melakukan perencanaan, pemusatan perhatian, dan evaluasi terhadap aktivitas yang dilakukan, teknis untuk mengubah perilaku, pikiran, dan perasaan. 3) Hasil pelaksanaan konseling menggunakan teknik self management untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar yakni memberikan peran yang lebih aktif terhadap anak dalam proses konseling, keterampilan anak dapat bertahan sampai di luar sesi konseling, perubahan yang mantap dan menetap dengan arah prosedur yang tepat, menciptakan keterampilan belajar yang baru sesuai harapan, anak dapat mempola perilaku, pikiran, dan perasaan yang diinginkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam |
Depositing User: | ms Riza Amalia |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 06:06 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 06:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39437 |
Actions (login required)
View Item |