Analisis Efektivitas Komik Digital Sebagai Media Dakwah Di Akun Instagram @pengenjadibaik

Amaliyah, Walidatul (2024) Analisis Efektivitas Komik Digital Sebagai Media Dakwah Di Akun Instagram @pengenjadibaik. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Walidatul Amaliyah_204103010072.pdf

Download (16MB)

Abstract

Walidatul Amaliyah, 2024: Analisis Efektivitas Komik Digital Sebagai Media Dakwah Di Akun Instagram @pengenjadibaik
Kata Kunci: Efek, Komik Digital, Dakwah, Instagram

Instagram telah menjadi platform efektif untuk menyebarkan pesan dakwah mengingat banyaknya pengguna dan kemudahan dalam mengaksesnya. Salah satu inovasi yang muncul adalah penggunaan komik digital sebagai media dakwah. Akun Instagram @pengenjadibaik merupakan salah satu akun dakwah memanfaatkan komik digital untuk menyampaikan nilai-nilai agama dan moral secara menarik, tanpa terikat ruang dan waktu.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana komik digital sebagai media dakwah ditampilkan dalam akun Instagram @pengenjadibaik? 2) Bagaimana efektivitas komik digital di akun @pengenjadibaik sebagai media dakwah?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui tampilan komik digital sebagai media dakwah di akun Instagram @pengenjadibaik. 2) Untuk mengetahui efektivitas komik digital di akun @pengenjadibaik sebagai media dakwah.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif jenis deskriptif dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil data kemudian dianalisis dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) media dakwah melalui komik digital menggabungkan teks dan gambar yang saling berhubungan. Makna yang terkandung sesuai dengan tujuan pembuatan komik, yaitu sebagai media untuk mengajak dan menghimbau kepada sesama muslim untuk berbuat baik dan mengajarkan nilai-nilai kehidupan.. 2) Efektivitas dakwah terlihat dari perubahan pada pengikut, seperti peningkatan pemahaman (kognitif), interaksi positif berupa likes dan motivasi untuk hijrah (afektif), dan tindakan menerapkan pesan dakwah juga berbagi konten (behavioral), yang menunjukkan keberhasilan dakwah melalui komik digital ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mrs Walidatul Amaliyah
Date Deposited: 08 Jan 2025 06:33
Last Modified: 08 Jan 2025 06:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39450

Actions (login required)

View Item View Item