Al fitriyah, Aisyah Asfi (2024) PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN AL QUR’AN DENGAN METODE YANBU’A PADA TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN NURUL HASAN DESA SUMBERWARU KECAMATAN BINAKAL KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Aisyah Asfi final Skripsi (Bendel).pdf Download (4MB) |
Abstract
Penggunaan media puzzle dalam pembelajaran Al Qur‟an dengan metode Yanbu‟a pada Taman Pendidikan Al Qur‟an Nurul Hasan Bondowoso ini dalam pembelajarannya menggunakan dua cara yaitu dengan teknik klasikal dan individual. Sehingga dalam proses pembelajarannya sangat direspon baik oleh santri dan wali santri yang ada, Taman pendidikan Al Qur‟an Nurul hasan ini menjadi titik terang dalam pembelajaran Al Qur‟an.
Adapun fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana penggunaan media Puzzle dalam pembelajaran Al Qur‟an dengan metode Yanbu‟a pada Taman Pendidikan Al Qur‟an Nurul Hasan desa Sumberwaru kecamatan Binakal kabupaten Bondowoso. 2). Bagaimana hasil penggunaan media Puzzle dalam pembelajaran Al Qur‟an dengan metode Yanbu‟a pada Taman Pendidikan Al
Qur‟an Nurul Hasan desa Sumberwaru kecamatan Binakal kabupaten Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan judul yaitu mengumpulkan data data secara bersama mengenai hal hal tertentu yang berkaitan dengan masalah yang ada di dalan
penelitian ini. Lokasi penelitian di Taman Pendidikan Al Quran Nurul Hasan yang bertempat pada Desa Sumberwaru kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso.
Teknik pengumpulan data: 1). Metode observasi, 2). Tahapan wawancara, 3).
Tahapan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah interaktif Milles
Huberman, Kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, Keabsahan
data yang digunakan adalah triangulasi sumber, kemudian member chek
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media
puzzle dalam pembelajaran Al Qur‟an dengan metode Yanbu‟a pada Taman
pendidikan Nurul Hasan desa Sumberwaru kecamatan Binakal k abupaten
Bondowoso, Proses pembelajaran Al Qur‟an dengan metode Yanbu‟a dilakukan
dengan dua cara yaitu teknik klasikal dan teknil individual. Jumlah pengajar di
TPQ Nurul Hasan ini Ialah 2 ustadz dan 1 ustazah, sedangkan jumlah santri yang
ada di TPQ Nurul Hasan ialah 48. Dari masa kemasa sebelumnya TPQ Nurul
Hasan ini menggunakan metode Iraqi pada tahun 1980, seiring berjalannya waktu
pada tahun 1990 TPQ Nurul Hasan ini menggunakan metode Iqra‟, sehingga pada
akhirnya pada tahun 2015 sampai sekarang metode yang digunakan dalam
pembelajaran AL Qur‟an di TPQ Nurul Hasan ini ialah Metode Yanbu‟a.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aisyah Asfi Al fitriyah |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 07:18 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 07:18 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39463 |
Actions (login required)
View Item |