Mubarokah, Ashil bima (2024) MANAJEMEN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN POLA PIKIR SISWA DI MAN 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
SKRIPSI BIMA WATERMARK.pdf Download (1MB) |
Abstract
Manajemen kurikulum yang efektif diharapkan dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan intelektual dan afektif siswa, serta mengembangkan pola pikir yang terbuka dan progresif. Kurikulum yang baik tidak hanya fokus pada pencapaian akademis, tetapi juga pada pembentukan karakter dan pola pikir siswa.
Fokus penelitian dalam penelitian ini 1) Bagaimana manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN 1 Jember? 2) Bagaimana manajemen kurikulum dalam meningkatkan pola pikir siswa di MAN 1 Jember? 3) Bagaimana faktor-faktor penghambat dan pendukung manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pola pikir siswa di MAN 1 Jember?
Tujuan Penelitian skripsi ini yakni 1) Untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN 1 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum dalam meningkatkan pola pikir siswa di MAN 1 Jember 3) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor penghambat dan pendukung manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pola pikir siswa di MAN 1 Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan (Field Research). Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan Teknik purposive. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data interaktif Miles, Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN 1 sudah dilakukan dengan baik terbukti dengan adanya kegiatan perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, pelaksanaan kurikulum dan evaluasi kurikulum yang sudah terlaksana dengan sistematis dan maksimal 2) Manajemen kurikulum dalam meningkatkan pola pikir siswa di MAN 1 Jember dilakukan dengan mendukung perkembangan pola pikir siswa melalui pembelajaran yang menyenangkan, berbasis proyek, dan penggunaan teknologi. Guru juga memberikan umpan balik yang spesifik serta menilai keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. 3) Faktor pendukung manajemen kurikulum dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pola pikir siswa di MAN 1 Jember yakni kemampuan Guru, komunikasi yang bagus, fasilitas madrasah, Faktor penghambatnya yakni kurangnya pelatihan dan pengembangan profesional guru, rendahnya motivasi siswa, pola pikir siswa tetap.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management) |
Depositing User: | Ashil Bima Mubarokah |
Date Deposited: | 08 Jan 2025 08:16 |
Last Modified: | 08 Jan 2025 08:16 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39467 |
Actions (login required)
View Item |