Pengembangan E-book Interaktif Sebagai Sumber Belajar Mandiri Pada Materi Pemuaian Kelas VII SMP/MTs.

Aretha Amalia, - (2021) Pengembangan E-book Interaktif Sebagai Sumber Belajar Mandiri Pada Materi Pemuaian Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Aretha Amalia_ T201710017.pdf

Download (14MB)

Abstract

Aretha Amalia, 2021: Pengembangan E-book Interaktif Sebagai Sumber Belajar Mandiri Pada Materi Pemuaian Kelas VII SMP/MTs. Kata Kunci: E-book Interaktif, Sumber Belajar Mandiri, Pemuaian. Studi pendahuluan yang peneliti lakukan di SMPN 1 Songgon, Banyuwangi menemukan fakta bahwa selama proses pembelajaran secara online mata pelajaran IPA materi Pemuaian, guru menggunakan buku paket/cetak dan video pembelajaran, namun siswa masih kesulitan memahami materi dari kedua sumber tersebut. Salah satu penyebabnya adalah karena sumber-sumber belajar tersebut kurang interaktif. Dari permasalahan tersebut, peneliti termotivasi untuk mengembangkan e-book interaktif sebagai sumber belajar mandiri, yang diharapkan dapat mempermudah siswa untuk memahami materi yang dipelajari dengan caranya sendiri. Tujuan dari penelitian ini ialah 1) Mendeskripsikan hasil validasi dari pengembangan e-book interaktif sebagai sumber belajar mandiri pada materi Pemuaian kelas VII SMP/MTs. 2) Mendeskripsikan respons siswa terhadap e�book interaktif sebagai sumber belajar mandiri pada materi Pemuaian kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian 4D dari Thiagarajan (1974), dengan beberapa tahapan di antaranya define, design, develop, dan disseminate. Akan tetapi, pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop. Analisis data dalam penelitian dan pengembangan ini berupa analisis kuantitatif dan kualitatif yang bersumber dari ahli materi, ahli media, pengguna serta respons siswa. Pada data kuantitatif berupa skor atau persentase, sedangkan data kualitatif berupa kritik dan saran dari para ahli. Hasil dari penelitian ini diperoleh validitas dari ahli materi 93,89%, ahli media 91,11%, sehingga rata-rata yang diperoleh sebesar 92,5% yang berarti produk yang dikembangkan sangat valid. Kemudian validitas dari pengguna I sebesar 90,93% dan pengguna II memperoleh 93,93%, sehingga rata-rata yang diperoleh sebesar 92,43% yang berarti produk yang dikembangkan sangat valid. Selanjutnya kemenarikan diperoleh dari respons siswa kelompok kecil dan besar masing-masing memperoleh 90,63% dan 90,52%, dengan rata-rata 90,58% yang berarti produk yang dikembangkan sangat menarik. Dalam komentar, sebagian besar siswa menilai bahwa e-book yang dikembangkan bagus karena dilengkapi dengan tulisan, gambar, video, animasi, dan simulasi praktikum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 23 May 2022 03:51
Last Modified: 23 May 2022 03:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3947

Actions (login required)

View Item View Item