Dwi Aulia, Citra (2025) Strategi Manajemen Masjid dalam Meningkatkan Minat Generasi Z pada Kegiatan Keagamaan di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Citra Dwi Aulia_204103040004.pdf Download (17MB) |
Abstract
Masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat aktivitas sosial dan keagamaan bagi masyarakat, khususnya generasi muda saat ini. Di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, berbagai program kegiatan keagamaan namun hanya kaum lansia atau orang tua yang meramaikannya. Meskipun masjid seharusnya diperuntukkan untuk semua kalangan, termasuk Generasi Z, kenyataannya banyak kaum muda yang tidak menghadiri kajian yang diselenggarakan oleh masjid.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu 1) Bagaimana strategi manajemen masjid dalam meningkatkan minat Generasi Z pada kegiatan keagamaan di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi manajemen masjid dalam meningkatkan minat Generasi Z pada kegiatan keagamaan di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya?
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk menganalisis strategi manajemen masjid dalam meningkatkan minat Generasi Z pada kegiatan keagamaan di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya. 2) Untuk menganalisis apa saja faktor pendorong dan penghambat strategi manajemen masjid dalam meningkatkan minat Generasi Z pada kegiatan keagamaan di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, dengan penentuan populasi dan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu pengurus masjid bidang ibadah dan dakwah, pengurus genzi dan beberapa jamaah
Generasi Z. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Serta analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi manajemen masjid dalam meningkatkan minat Generasi Z pada kegiatan keagamaan di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya meliputi tiga tahapan, yaitu tahapan yang pertama formulasi strategi
dengan menentukan visi, misi, aturan dan tujuan yang ingin dicapai oleh masjid. Tahapan implementasi strategi di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya meliputi pelaksanaan Majelis Subuh GenZi yang diadakan sebulan sekali. Tahapan yang
terakhir yakni tahapan evaluasi strategi yaitu pengurus rutin mengevaluasi kegiatan Majelis Subuh GenZi dengan mengukur kehadiran Generasi Z; 2) Faktor pendukung diantaranya Masjid Nasional Al Akbar memiliki branding yang bagus, kerjasama dan komunikasi yang dimiliki pengurus masjid, anggaran keuangan yang cukup, perkembangan teknologi yang aktif, penggunaan sosial media sebaik mungkin dan
faktor penghambat yaitu susah mencari narasumber yang sesuai dengan gaya Generasi Z dan acara Majlis Shubuh Genzi yang tidak konsisten, persaingan hiburan digital, kurangnya dukungan dari orang tua atau lingkungan sosial.
Kata Kunci: kegiatan keagamaan, manajemen masjid, strategi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Citra Dwi Aulia |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 02:11 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 02:11 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39474 |
Actions (login required)
View Item |