Rahayu, Eko (2024) MANAJEMEN PELATIHAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KADER DA’I MELALUI KELOMPOK PELATIHAN PIDATO AL-HIKMAH DI PONDOK PESANTREN BANYUANYAR PAMEKASAN MADURA. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI EKO RAHAYU WM.pdf Download (6MB) |
Abstract
Manajemen pelatihan memainkan peran penting dalam menjamin keberhasilan dan pencapaian tujuan program pelatihan. Kelompok Pelatihan Pidato Al-Hikmah mengunakan berbagai metode pembelajaran dalam menunjang kualitas kader da’i, akan tetapi mayoritas peserta pelatihan belum mencapai tingkat optimal dalam peningkatan kualitas yang diharapkan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana manajemen pelatihan dalam meningkatkan kualitas kader da’i melalui kelompok pelatihan pidato Al-Hikmah Di Pondok Pesantren Banyuanyar Pamekasan Madura? 2) Bagaimana gambaran peningkatan kualitas kader da’i melalui kelompok pelatihan pidato AL-Hikmah di Pondok Pesantren Banyuanyar Pamekasan Madura ? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen pelatihan dalam meningkatkan kualitas kader da’i melalui kelompok pelatihan pidato Al-Hikmah Di Pondok Pesantren Banyuanyar Pamekasan Madura?
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana manajemen pelatihan dalam meningkatkan kualitas kader da’i melalui kelompok pelatihan pidato Al-Hikmah di Pondok Pesantren Banyuanyar Pamekasan Madura 2) Untuk mengetahui gambaran peningkatan kualitas kader da’i melalui kelompok pelatihan pidato Al-Hikmah di Pondok Pesantren Banyuanyar Pamekasan Madura 3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen pelatihan dalam meningkatkan kualitas kader da’i melalui kelompok pelatihan pidato Al-Hikmah di Pondok Pesantren Banyuanyar Pamekasan Madura
Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data mengunakan model Milles & Hubberman Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, waktu dan sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Manajemen pelatihan yang pada kelompok pelatihan pidato Al-Hikmah, yaitu: perencanaan dengan menentukan tujuan dan sasaran, menentukan pelatih dan peserta, menentukan materi serta waktu pelatihan. Pengorganisasian dengan melibat ketua dan pelatih, pelaksanaan dilakukan dengan metode ceramah, pengawasan dilakukan dengan pantauan langsung dan sorogan kehadiran. Evaluasi dilakukan hanya pemberian umpan balik. 2) Gambaran peningkatan kualitas peserta mengalami peningkatan dalam aspek keterampilan berpidato dan perubahan sikap keberanian berpidato serta kelemahan pengetahuan dalam penguasaan materi pidato. 3) Faktor pendukung, motivasi , sarana dan prasarana, sikap pelatih, lingkungan, penghargaan, pedoman materi pidato, dukungan pesantren. Faktor penghambat, penguasaan materi yang belum maksimal, fasilitas terbatas, keterbatasan keuangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169905 Studies of Pacific Peoples' Societies |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Eko Rahayu |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 01:32 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 01:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39478 |
Actions (login required)
View Item |