ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRANSFORMASI GEOMETRI BERBANTUAN GEOGEBRA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT DI KELAS XI MAN 1 JEMBER

Amelia, Kurotul (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH TRANSFORMASI GEOMETRI BERBANTUAN GEOGEBRA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT DI KELAS XI MAN 1 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kurotul Amelia-201101070021-Tadris Matematika.pdf

Download (13MB)

Abstract

Kurotul Amelia,2024: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Transformasi Geometri Berbantuan GeoGebra Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent Di Kelas XI MAN 1 Jember
Kata Kunci: analisis kesalahan siswa, GeoGebra, gaya kognitif field independent - field dependent
Analisis kesalahan siswa sangat penting dilakukan oleh guru, terutama dalam mata pelajaran matematika, karena matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit. Terdapat banyak manfaat dari analisis kesalahan siswa, salah satunya adalah untuk mengidentifikasi letak kesalahan yang terjadi. Dengan mengetahui kesalahan tersebut, guru dapat menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang dihadapi siswa, sehingga diharapkan dapat meminimalkan kesalahan di masa mendatang.
Fokus penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan gaya kognitif Field Independent maupun Field Dependent saat menyelesaikan soal materi transformasi geometri (translasi dan rotasi) menggunakan GeoGebra berdasarkan teori Newman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Penentuan subjek dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive sampling. Untuk mengumpulkan data, digunakan beberapa teknik, yaitu observasi, tes GEFT, tes soal cerita materi transformasi geometri, wawancara dan dokumentasi. Analisis data mengikuti teori Miles dan Huberman, dengan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini diuji melalui triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif Field Independent cenderung tidak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita materi transformasi geometri dengan berbantuan GeoGebra, sesuai dengan teori Newman. Sebaliknya, siswa dengan gaya kognitif Field Dependent lebih cenderung melakukan kesalahan ketika menyelesaikan soal cerita materi yang sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Depositing User: miss Kurotul Amelia
Date Deposited: 09 Jan 2025 02:21
Last Modified: 09 Jan 2025 02:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/39489

Actions (login required)

View Item View Item