Penerapan Metode Jigsaw Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaan Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Nuru Wafa Demng Besuki Situbondo.

MAKSUM AFNANI, - (2021) Penerapan Metode Jigsaw Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaan Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Nuru Wafa Demng Besuki Situbondo. Undergraduate thesis, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Maksum Afnani_084141496.pdf

Download (13MB)

Abstract

Maksum Afnani, 2021: Penerapan Metode Jigsaw Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaan Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Nuru Wafa Demng Besuki Situbondo. Kata Kunci: Metode Jigsaw Learning, Meningkatkan Motivasi Belajar, Pembelajaran Fiqih. Meningkatkan motivasi dan keaktifan siswa merupakan suatu misi yang paling utama yang harus dilakukan oleh guru kepada siswa, maka dari itu, sinkronisasi metode Jigsaw Learning dalam meningkatkan motivasi siswa pada saat pembelajaran berlangsung merupakan komponen yang sangat berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar, termasuk pada pelajaran Fiqih. Metode jigsaw learning yang dilakukan guru Pelajaram Fiqih di Madrsah Tsanawiyah Nurul Wafa Situbondo dalam meningkatkan motivasi siswa pada dasarnya juga sangat mempengaruhi tingkat pemahaman dan pengalaman siswa itu sendiri, terlebih apabila berpengaruh terhadap tingkat kesadaran siswa. Fokus penelitiannya adalah 1) Bagaimana perencanaan Metode Jigsaw Learning dalam meningkatkan motivasi belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Nurul Wafa? 2) Bagaimana pelaksanaan metode Jigsaw Learning dalam meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Nurul Wafa? 3) Bagaimana evaluasi metode Jigsaw Learning dalam meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Nurul Wafa?. Tujuan penelitiannya adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan Metode Jigsaw Learning dalam meningkatkan motivasi belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Nurul Wafa. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode Jigsaw Learning dalam meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Nurul Wafa. 3) Mendeskripsikan evaluasi metode Jigsaw Learning dalam meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Mts Nurul Wafa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian mengunakan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian adalah 1) Perencanaan teknik jigsaw learning adalah didasarkan pada penerapan teknik pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Pembuatan RPP disusun seperti pada umumnya yaitu terdiri dari judul, identitas sekolah, mata pelajaran, kelas, tema, jumlah pertemuan, alokasi waktu, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, teknik pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, kegiatan pembelajaran. 2) Pelaksanaan teknik jigsaw learning terdiri dari tujuh komponen, yaitu: (a) Guru membagi siswa kedalam 6 kelompok belajar. (b) Guru memberikan tugas dan jobsheet kepada kelompok. (c) Guru membimbing siswa untuk membuat kelompok baru (kelompok ahli) (d) Guru memantau dan membimbing masing-masing kelompok ahli. (e) Guru membimbing kembali ke kelompok belajar (kelompok awal). (f) Guru meminta masing-masing anggota kelompok untuk menjelaskan materi secara bergantian. (g) Guru dan siswa membahas materi yang telah dipelajari. 3) Evaluasi teknik jigsaw learning adalah melaului 3 cara evaluasi penilaian, yaitu (a) Evaluasi dalam bentuk penilaian tertinggi siswa setiap kelompok. (b) Evaluasi dalam bentuk penilaian dengan nilai rata-rata siswa setiap kelompok. (c) Evaluasi dalam bentuk penilaian terendah siswa setiap kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: muhammad fredi afan
Date Deposited: 23 May 2022 03:51
Last Modified: 23 May 2022 03:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3949

Actions (login required)

View Item View Item